Budaya Jepang

5 Festival Bunga Matahari di Jepang Yang Wajib Dikunjungi

Bulan Agustus adalah saatnya Jepang sedang memasuki musim panas. Kalau berbicara musim panas di Jepang kita cenderung mengaitkan dengan festival – festival yang tidak ada habisnya setiap minggu, kembang api, yukata, dan yang tidak kalah menariknya: bunga matahari! Ya sebagai negara yang memiliki 4 musim, Jepang memang berlimpah akan variasi flora yang beraneka ragam setiap pergantian musim. Kalau di musim semi orang-orang mencari bunga sakura, nah kalau musim panas salah satu bunga yang juga banyak dicari untuk diabadikan adalah bunga matahari. Tidak heran makanya kalau bunga matahari di Jepang juga memiliki festival – festival perayaan nya sendiri loh, berikut 5 festival bunga matahari terbaik di Jepang yang bisa kamu kunjungi:

  1. Akeno Sunflower Festival

Akeno Sunflower Festival (kredit gambar: https://thegate12.com/)

Festival Bunga Matahari Akeno di Yamanashi adalah salah satu yang paling populer di seluruh Jepang. Itu karena Pegunungan Alpen Jepang yang berbeda di latar belakang ladang bunga. Tidak setiap hari Anda bisa menyaksikan ladang bunga matahari yang terbentang di kejauhan dengan pegunungan besar yang memenuhi latar belakang. Kombinasikan ini dengan biru cerah Jepang di musim panas dan Anda akan menjadi pemenang. Waktu terbaik untuk pergi ke tempat ini adalah antara akhir Juli dan akhir Agustus.

Akses dari Tokyo: Naik kereta Azusa 3 Limited Express Matsumoto dari stasiun Shinjuku menuju stasiun Nirasaki (2 jam). Dari stasiun Nirasaki naik bus yang mengarah ke “Kayagatake Mizugaki Denen” dan turun di halte Haiji no Mura Kurarakan (25 menit), lalu berjalan sekitar 5 menit ke lokasi venue.

2. Kiyose Sunflower Festival

Hamparan bunga matahari di Kiyose (kredit gambar: jw-webmagazine.com)

Kiyose Sunflower Festival adalah festival bunga tahunan yang diadakan pada pertengahan Agustus sejak 2008. Lokasinya terletak di Kota Kiyose, berjarak kurang lebih 1 jam naik kereta dari Tokyo.

Lebih dari 100.000 bunga matahari bermekaran di area seluas sekitar 24.000 meter persegi selama festival. Sulit dipercaya bahwa ladang bunga matahari skala besar ini ada di dekat ibu kota. Karena Kota Kiyose terkenal dengan produk tanaman, akan ada pasar kecil yang menjual sayuran dan produk makanan lokal selama festival.

Apabila sedang mengunjungi Tokyo saat musim panas, sempatkanlah untuk mampir sejenak ke Kiyose saat festival ini sedang berlangsung.

Akses dari Tokyo: Naik kereta Semi-Express Kotesashi dari stasiun Ikebukuro dan langsung turun di stasiun Kiyose. Dari stasiun Kiyose naik bus menuju halte Green Kiyodo, lalu berjalan sekitar 6 menit ke lokasi venue.

Biaya masuk : gratis

3. Nanko Sunflower Festival

Nanko Sunflower Festival (kredit gambar: Hyogo Tourism Guide)

Dari pertengahan Juli hingga pertengahan Agustus, sekitar satu setengah juta bunga matahari berdiri tegak dan membanggakan bagi pengunjung Nanko Sunflower Festival di Hyogo, Kobe. Selain menikmati bunga matahari, tentunya ada juga sejumlah makanan bertema bunga matahari untuk dicoba, termasuk es krim rasa bunga matahari.

Akses dari Kobe : naik kereta Special Rapid Banshu-Ako dari stasiun Kobe menuju stasiun Himeji (40 menit), kemudian pindah kereta Local Kozuki menuju stasiun Harima-Tokusa (1 jam). Dari stasiun Harima-Tokusa bisa naik shuttle bus yang disediakan khusus saat periode festival berlangsung menuju Nanko Sports Park.

Biaya masuk : 200 yen/orang

4. Himawari-no-Sato, Hokuryu Sunflower Festival

Himawari-no-Sato (kredit gambar: https://railpass-japan.com/)

Himawari-no-Sato di Hokkaido adalah taman bunga matahari terbesar di seluruh Jepang. Ladang bunga matahari ini terletak di kota kecil Hokuryu-cho. Festival yang diadakan setiap tahun antara Juli dan Agustus dianggap sebagai salah satu festival terbesar di Jepang dengan lebih dari satu juta bunga matahari di bermekaran di festival ini.

Anda tidak hanya akan melihat ladang bunga matahari yang bermekaran, tetapi ada juga pertunjukan kembang api dan beberapa pertunjukan drum Taiko yang sangat mengesankan. Anda dapat melihat bunga matahari dari dekat dan pribadi dalam beberapa cara, termasuk naik kereta (500 yen), berjalan melalui labirin bunga matahari (300 yen), dan menyewa sepeda dan bersepeda melintasi ladang (100 yen). Festival berlangsung dari jam 8:00 pagi sampai 6:00 sore.

Akses dari Sapporo : naik kereta Lilac 41 Limited Express Asahikawa dari Stasiun Sapporo menuju stasiun Takikawa, kemudian dilanjutkan naik Chuo Bus menuju Hokuryu dan turun di Hokuryu Chugakko Mae.

Biaya masuk : gratis

5. Ogaki Sunflower Festival

Tohoku Shinkansen sebagai latar belakang ladang bunga. (kredit gambar: japantravel.navitime.com)

Ogaki Sunflower Festival terletak di prefektur Gifu, sekitar 1 jam perjalanan kereta dari Nagoya. Festival ini mungkin tidak seterkenal festival bunga matahari lainnya tapi bukan berarti tempat ini bisa dilewatkan begitu saja. Tiap tahun pengunjung bisa menikmati lebih dari 120.000 bunga matahari bermekaran di ladang yang luas. Waktu terbaik untuk melihat bunga adalah dari pertengahan Agustus hingga awal September. Bunga matahari di ladang ini ditanam pada dua waktu yang berbeda setiap tahunnya, hal ini guna memastikan pengunjung dapat menikmati melihat mekarnya bunga untuk waktu yang lebih lama.

Keunikan lain dari festival ini adalah lokasinya yang bersebelahan dengan jalur rel kereta yang ditinggikan. Anda bisa mengabadikan pemandangan ladang bunga matahari berlatar belakangkan Shinkansen yang sedang melintas, bahkan jika Anda sedang sangat beruntung, Anda mungkin bisa melihat kereta Shinkansen “Doctor Yellow” yang langka melintasi area ini. Doctor Yellow merupakan kereta shinkansen khusus yang berfungsi sebagai “pendiagnosis” masalah apapun pada trek kereta. Kereta ini sengaja dicat kuning yang melambangkan kebahagiaan di Jepang, sekaligus memudahkan untuk dilihat di malam hari.

“Doctor Yellow” tertangkap ketika melintas saat sedang berlangsungnya Festival Bunga Matahari Ogaki. (kredit gambar: https://find47.jp/en/i/fN2aQ)

Akses dari Nagoya : naik kereta Special Rapid Maibara dari stasiun Nagoya menuju Stasiun Ogaki (32 menit), kemudian naik bus Meihan Kintetsu Bus menuju Hashima, turun di halte Sugue. Jalan 8 menit menuju venue.

Biaya masuk : 200 yen

Bagaimana, menarik untuk dikunjungi bukan? Jangan lupa dicatat ya untuk lokasi-lokasi festival bunga matahari nya dan dimasukkan dalam list kunjungan anda berikutnya saat pergi ke Jepang lagi!

=

Sumber:

  • https://jw-webmagazine.com/
  • https://japantravel.navitime.com/en/area/jp/spot/02301-4100344/
  • Wikipedia

Related post

  1. Sunshine Aquarium, Rasakan Kehid…
  2. Rasakan Sensasi Bermain Salju da…
  3. 4 WISATA SERU DI PREFEKTUR IWATE…
  4. Cek Jadwal Winter Illumination d…
  5. Bangunan & tempat keren bua…
  6. One Fine Afternoon at Aomori
  7. Tips and Trick Universal Studios…
  8. Liburan Ke Jepang : Saksikan Fes…

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP