Budaya Jepang

Hatsumode – Tradisi Khusus Menyambut Tahun Baru di Jepang

Perayaan tahun baru di setiap negara memiliki keunikan dan tradisinya masing – masing, salah satunya yang dilakukan juga di negara Jepang. Seperti yang kita ketahui, Jepang memiliki banyak kuil bernuansa Buddha & Shinto, dan pada tanggal 1 Januari setiap tahunnya kuil – kuil ini akan dipadati oleh pengunjung, baik warga Jepang maupun turis, untuk berdoa di hari pertama tahun yang baru, tradisi ini dikenal dengan sebutan Hatsumode.

Hatsumode umumnya bisa berlangsung juga dari malam pergantian tahun baru, dimana lonceng kuil akan dibunyikan berulang kali tepat pukul 00:00. Bila anda mengunjungi kuil yang populer, suasana akan menjadi semakin meriah karena banyaknya booth makanan yang menjajakan berbagai pilihan kuliner khas Jepang. Seiring berjalannya waktu, perayaan Hatsumode tidak lagi hanya dikhususkan untuk tanggal 1 Januari saja dan bisa dilakukan hingga beberapa hari ke depan di awal tahun, hal ini guna menghindari kerumumunan yang terlalu berlebih.

Suasana perayaan Hatsumode. (https://www.japan-guide.com/)

Lalu, apa saja sih kegiatan yang dilakukan saat Hatsumode? Nah, pada dasarnya esensi utama dari Hatsumode memang untuk berkunjung pertama kalinya ke kuil, sesuai dengan arti kata itu sendiri : Hatsu (yang pertama) dan mode (berkunjung ke kuil). Tradisi ini dilakukan untuk mengucapkan terima kasih atas segala berkat di tahun lalu dan berdoa untuk keberuntungan di tahun yang baru. Selain berdoa, para pengunjung kuil juga akan mengetes keberuntungan dengan menarik Omikuji, yaitu selembar kertas yang memberitahu keberuntungan anda. Apabila hasil yang anda tarik beruntung, maka kertas Omikuji bisa dibawa pulang dan disimpan, namun jika hasil yang didapat buruk / tidak beruntung, maka kertas tidak beruntung tersebut harus diikatkan di area yang sudah ditentukan di kuil supaya nasib anda berubah.

Omikuji yang kurang baik diikatkan di area tertentu di kuil. (kredit gambar: https://www.fun-japan.jp/)

Selain menarik Omikuji, pengunjung juga akan membeli Omamori, yaitu jimat keberuntungan khusus yang dipercaya dapat melindungi dan membantu mewujudkan keinginan Anda. Omamori dihias sedemikian rupa dalam berbagai desain unik nan cantik, tergantung pada kuil atau daerahnya masing-masing. Meskipun tersedia sepanjang tahun, membeli Omamori saat Hatsumode adalah hal yang populer dilakukan dan bisa dijadikan juga sebagai hadiah kepada teman dan keluarga untuk melindungi mereka dari segala jenis nasib buruk. Setelah satu tahun berlalu, wajib membawa kembali omamori yang dibeli setahun sebelumnya ke kuil saat Hatsumode, untuk kemudian dibakar dalam api suci sebagai wujud ucapan rasa terima kasih dan penghormatan atas bantuan omamori tersebut sepanjang tahun, setelah itu anda bisa langsung membeli omamori yang baru.

Omamori (kredit gambar: https://blog.japanwondertravel.com/)

Dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 yang saat ini masih berlangsung, tentunya hal ini berpengaruh juga pada perayaan Hatsumode. Perubahan utamanya tentu terlihat pada jumlah pengunjung yang sangat dibatasi. Biasanya puluhan ribu hingga jutaan orang bisa memadati kuil-kuil untuk hatsumode, tetapi sekarang hal ini tidak diperbolehkan sama sekali untuk mencegah penyebaran virus. Omikuji yang dulunya diambil dari sebuah kotak yang dipegang bergilir secara bergantian diganti menjadi format scan QR code. Omamori pun ada yang sudah disediakan jauh-jauh hari lebih awal dari biasanya atau tetap tersedia hingga bulan Maret supaya tidak terjadi panic buying karena takut kehabisan. Beberapa kuil bahkan membuka website supaya warga bisa melakukan Hatsumode secara online. Anda bisa menarik omikuji secara online, selain itu tersedia juga layanan pengiriman omamori ke rumah sehingga anda tidak perlu mengunjungi kuil sama sekali.

Hatsumode di tengah pandemi tidak lagi sepadat dulu (kredit gambar: https://blog.japanwondertravel.com/)

Apabila anda berkesempatan mengunjungi Jepang saat pergantian tahun, wajib mencoba ikut melakukan Hatsumode untuk benar-benar merasakan keunikan tahun baru di sana yang tentunya berbeda dengan perayaan di Indonesia. Di saat itu, semoga kondisi pandemi ini juga sudah teratasi dengan lebih baik agar semarak kemeriahannya pun bisa lebih terasa. HAPPY NEW YEAR 2022!

Source:

  • https://blog.japanwondertravel.com/new-year-holidays-hatsumode-10261
  • https://www.fun-japan.jp/id/articles/1191
  • https://www.japan-guide.com/e/e2276.html

Related post

  1. Anti Mainstream! Asyiknya Libura…
  2. Trik Jitu Liburan ke Jepang Saat…
  3. 10 HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKA…
  4. Cara Menggunakan Loker Koin Saat…
  5. Fitur Klasik dari Rumah Tradisio…
  6. Mempelajari Sejarah dan Keindaha…
  7. Cek Jadwal Winter Illumination d…
  8. Menikmati Salju Saat Musim Semi …

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP