Budaya Jepang

Ragam Festival Unik di Prefektur Kanagawa

Prefektur Kanagawa yang berada di sebelah selatan dari Tokyo ini memiliki beberapa tempat wisata yang tidak asing lagi di telinga kita, seperti Yokohama, Kamakura, dan Hakone, namun tahukah kalian kalau Kanagawa juga memiliki festival – festival unik yang tidak kalah menarik untuk disaksikan? Walaupun sekarang kita belum bisa menikmati langsung kemeriahan festival di Jepang, tidak ada salahnya kan kalau kita cari tahu dulu info – infonya nih!

  1. Dragon Boat Race (Festival Balapan Perahu Naga)

Dragon Boat Race di Yokohama (kredit : Yokohama Dragon Boat Association)

China Town di Yokohama adalah salah satu Chinatown terbesar di dunia dengan nilai sejarah berusia 140 tahun. Perayaan Tahun Baru Imlek setiap tahunnya dirayakan dengan semarak, salah satunya adalah perayaan Balap Perahu Naga yang diadakan di teluk Pelabuhan Yokohama.

Tradisi balapan Perahu Naga ini bermula dari tahun 1994 sebagai acara kelautan untuk Festival Pelabuhan Yokohama ke-13. Enam perahu naga dipindahkan dari Hong Kong ke Yokohama dan Perlombaan Perahu Naga Yokohama yang pertama pun diadakan. Balapan Perahu Naga Yokohama 2021 rencananya akan diadakan pada tanggal 5 & 6 Juni.

Umumnya tim dalam 1 perahu harus terdiri dari satu drummer, satu rudder, dan setidaknya 10 pendayung. Para peserta dapat menyewa perahu naga, drum, dayung, dan jaket pelampung di asosiasi perlombaan. Sembari menyaksikan serunya perlombaan, pengunjung biasanya juga dapat berpiknik sambil merasakan semilir angin laut.

  1. Yukake Matsuri (Festival Pemandian Air Panas) di Yugawara

Suasana ramai saat Yukake Matsuri (kredit gambar: Yugawara-onsen Tourism Association)

Pemandian air panas di Yugawara terkenal dengan khasiat penyembuhannya. Jaman dulu, warga percaya bahwa menyiramkan air panas ini ke atas tandu merupakan cara untuk mendoakan keselamatan dalam perjalanan. Tradisi inilah yang menjadi point utama dari Yugawara Yukake Matsuri, yang dianggap sebagai salah satu festival unik di wilayah Kanto.

Festival ini biasa diadakan pada hari Sabtu ke-4 di bulan Mei setiap tahunnya. Dalam festival ini, empat buah mikoshi (kuil portabel) akan diarak melalui kota Yugawara. Ember berisi mata air panas ditempatkan di kedua sisi jalan yang dilalui, dan orang-orang akan memercikkan air panas tersebut ke atas mikoshi. Baik mereka yang membawa mikoshi maupun yang memercikkan air akan menjadi sangat basah, namun pengalaman inilah yang membuat festival ini jadi sangat menyenangkan.

Sayangnya tahun ini festival Yugawara Yukake Matsuri tidak bisa diadakan akibat pandemi yang masih berlanjut.

  1. Festival Kanamara di Kuil Kanayama

Untuk festival yang satu ini tidak hanya unik, tapi mungkin juga membuat kita geleng-geleng kepala atau menutup mata ya. Festival Kanamara di kota Kawasaki merupakan festival yang menampilkan 3 mikoshi berbentuk alat kelamin pria. Tidak hanya itu, berbagai makanan serta pernak pernik di sekitaran festival pun memiliki bentuk-bentuk yang disesuaikan dengan tema acara ini.

Walau banyak dikunjungi tuna susila, namun secara umum festival ini juga menawarkan ritual kesuburan demi keberhasilan kehamilan, pernikahan, juga keharmonisan rumah tangga bagi pasangan suami istri.

Sekalipun festival ini memiliki tema yang terbilang vulgar, namun tidak berarti hukum tidak berlaku disini ya. Penting untuk diingat bahwa meskipun menyenangkan, festival ini juga memiliki sisi sakral dan petugas kepolisian pun selalu ditempatkan untuk menjaga ketertiban. Tidak hanya menjadi daya tarik tersendiri bagi turis, profit dari acara ini digunakan juga untuk penelitian HIV & AIDS.

Festival Kanamara di Kuil Shinto Kanayama, Kawasaki (kredit gambar : Wikipedia)

Source:

Related post

  1. Bisa Langsung Main Ski Setelah T…
  2. Sudah Bulan April, Tapi Salju Tu…
  3. PESONA JEMBATAN GANTUNG TERPANJA…
  4. MAKANAN FERMENTASI YANG ENAK DAN…
  5. Anti Mainstream! Asyiknya Libura…
  6. Liburan Singkat Tapi Puas Di Jep…
  7. 11 FESTIVAL MENARIK DI JEPANG YA…
  8. Ingin Mendaki Gunung Fuji? Yuk S…

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP