Informasi

Jepang Kembali Memperpanjang Status Darurat COVID-19

Pemerintah Jepang resmi memperpanjang kembali status darurat COVID-19 untuk tambahan 2 minggu lagi di wilayah Tokyo dan 3 prefektur tetangganya yaitu Chiba, Saitama dan Kanagawa.

Pada konferensi pers hari Jumat malam lalu (05/03/2021), Perdana Menteri Suga Yoshihide menyatakan keputusan untuk memperpanjang status darurat hingga 21 Maret 2021 guna menahan penyebaran infeksi serta untuk menilai situasi dengan lebih hati-hati.

Ada lebih dari 300 kasus yang dikonfirmasi di wilayah ibukota pada hari Jumat. Jumlah kasus dalam periode seminggu kemarin (01 – 05 Maret 2021) melebihi kasus di minggu sebelumnya untuk pertama kalinya sejak pertengahan Januari.

Status darurat diperpanjang di wilayah Tokyo dan sekitarnya (credit: https://www3.nhk.or.jp/nhkworld/en/news/backstories/1538/)

PM Suga Yoshihide kembali meminta publik untuk tetap bekerja sama dalam menghadapi pandemi COVID-19. Beliau juga menambahkan bahwa pemerintah akan meningkatkan upaya untuk mencegah infeksi kluster dengan melakukan tes di sekitar 30.000 fasilitas perawatan lansia dan lokasi lain pada akhir bulan ini. Selain itu beliau juga berbicara tentang industri perhotelan yang terpukul parah oleh pandemi dan bagaimana pemerintahannya akan mempertahankan subsidi upah yang diperluas dan program keuangan lainnya.

Status darurat di Jepang telah diberlakukan sejak tanggal 7 Januari 2021 dan awalnya dijadwalkan akan berakhir pada hari Minggu, 7 Maret 2021 kemarin. Status darurat memiliki dampak yang buruk pada kegiatan ekonomi Jepang. Firma riset kredit Teikoku Databank melaporkan bahwa 1.100 perusahaan di Jepang telah bangkrut sejak Februari tahun lalu karena pandemi virus corona. Bar dan restoran menduduki puncak daftar dengan jumlah 172 usaha, diikuti oleh perusahaan konstruksi berjumlah 92 usaha, dan bisnis hotel dan penginapan sebanyak 79 usaha. Firma ini juga mencatat peningkatan angka kebangkrutan di usaha bar dan restoran di wilayah perkotaan sejak status darurat diberlakukan. Dengan penambahan perpanjangan status darurat, hal ini dapat menyebabkan penurunan lebih lanjut untuk pola konsumsi masyarakat dan memunculkan lebih banyak kebangkrutan.

Source credit:

  • https://www3.nhk.or.jp/nhkworld/en/news/20210306_01/
  • https://www3.nhk.or.jp/nhkworld/en/news/backstories/1538/

Related post

  1. Shiroi Koibito Park, Surganya Pa…
  2. Info! Kondisi Angin Taifun 10 Di…
  3. Air Asia Rute Jakarta – Na…
  4. Oleh-Oleh Barang Unik dari Jepan…
  5. 7 Tempat di Jepang yang Harus An…
  6. Anti Mainstream! Asyiknya Libura…
  7. Etika Berlibur Di Jepang Yang Ha…
  8. Tateyama Kurobe Alpine Route 24 …

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP