Budaya Jepang

Alami Musim Dingin bernuansa Tradisional di Festival Salju Ouchi-Juku

Bukan rahasia lagi kalau Jepang merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki pemandangan musim dingin yang luar biasa. Walaupun tahun ini sayangnya kita belum bisa mengunjungi Jepang secara langsung, tidak berarti kita tidak bisa mengenal lebih jauh hal – hal apa saja yang bisa kita temui di Jepang saat musim dingin, salah satunya adalah menikmati festival salju Ouchi-Juku!

Festival Salju Ouchi-Juku (Ouchijuku Snow Festival) diadakan setiap tahun di minggu kedua bulan Februari. Sesuai namanya, festival ini diselenggarakan di Ouchi-juku yang terletak di Aizu, Prefektur Fukushima. Festival ini unik karea diadakan di rumah-rumah kuno yang berdiri sejak zaman edo atau ratusan tahun yang lalu dan masih dipertahankan hingga sekarang.

Ouchi-juku di musim panas (credit: www.japan-guide.com)

 

Sekitar 33 bangunan akan dihias menjadi restoran dan toko souvenir. Selain menikmati nuansa musim dingin, anda juga wajib mencicipi masakan khas lokal negi-soba, melihat upacara api yang dilakukan para warga pria setempat sembari membawa obor dan hanya mengenakan cawat untuk menyalakan lilin dalam lentera salju yang digantung di tiap rumah, dan tentunya pertunjukan kembang api di akhir festival. Beberapa rumah juga akan disediakan sebagai tempat menginap sehingga anda juga dapat bermalam disana, jadi tidak perlu terburu-buru saat menghabiskan waktu di festival ini.

Upacara api yang dilakukan warga setempat (credit: https://guides-japan.com/)

 

Negi-soba khas area Ouchi-Juku yang dimakan menggunakan daun bawang sebagai pengganti sumpit (Credit: https://www.japan.travel/ )

 

Pertunjukkan kembang api (credit: https://www.tohokukanko.jp/)

 

Sayangnya tahun ini festival Ouchi-juku tidak akan diadakan dikarenakan kondisi pandemic COVID-19 yang masih belum kunjung membaik, namun apabila anda tertarik untuk suatu saat merasakan langsung keseruan dari festival ini, anda bisa mengakses area Ouchi-juku dari stasiun Asakusa menggunakan Tobu Railway Limited Express dengan mudah. Selain itu anda juga dapat menggunakan “YUTTARI  AIZU TOBU FREE PASS”, yaitu pass yang menggabungkan akses kereta yang bisa dipakai untuk perjalanan di area Aizu dan area Kinugawa Onsen termasuk beberapa keistimewaan lainnya seperti diskon belanja di beberapa toko pilihan di area Aizu.

Related post

  1. 12 Hari Di Jepang, Kurang Nih! P…
  2. Liburan Ke Jepang memanfaatkan T…
  3. Melihat Beragam Ukiran Salju di …
  4. Uniknya Asahiyama Zoo, Wajib Mas…
  5. Bisa Langsung Main Ski Setelah T…
  6. Tipe-Tipe JR Pass Yang Mungkin B…
  7. Sebentar Lagi Desember, Saatnya …
  8. Rayakan Musim Dingin Dengan Fest…

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP