Informasi

Festival Onomichi Betcha, Salah Satu Festival Yang Tidak Boleh Di Lewatkan!

Salah satu festival musim gugur di Jepang adalah Onomichi Betcha Festival. Festival ini terletak di kota Onoimichi, prefektur Hiroshima. Festival Onomichi Betcha adalah festival yang sangat berbeda bahkan untuk warga Jepang sendiri, selain itu, festival ini ditetapkan sebagai Warisan Budaya Rakyat Onomichi.
Festival ini di selenggarakan setiap tahun tiga hari pertama pada bulan November. Pads festival ini, penduduk akan menampilkan prosesi dengan Omikoshi (kuil portabel) yang di arak di seluruh kota. Saat penduduk mengarak Omikoshi kuil ini akan memanaskan jalan. Tujuan diadkan festival ini untuk berdoa agar kesehatan para penduduk kota yang sehat. Lalu akan ada tiga setan bertopeng yang disebut “Soba,” “Beta” dan “Shouki”.

Suasana saat festival berlangsung
Credit : Flickr

Omikoshi saat di arak keliling kota
Credit : Flickr

Hal ini dipercaya bahwa dengan menjalani ritual “pemurnian” ini di tangan setan, seseorang akan menerima banyak berkat, termasuk anak – anak, kecerdasan yang lebih besar, dan pemulihan dari penyakit. Festival sudah mulai dilakukan selama Zaman Edo, ketika Kuil Ikkyu melakukan ritual pemurnian yang berlangsung selama tiga hari untuk berdoa agar penyakitnya dapat hilang. Festival Onomichi Betcha adalah acara tradisional yang sudah menjadi agenda wajib penduduk Onomichi setiap tahunnya.

Setan yang ada di festival
Credit: Visit Hiroshima

Mereka sedang memberikan berkat!
Credit: Visit Hiroshima

Ada beberapa teori yang berbeda tentang asal – usul nama setan, secara luas diyakini bahwa “Beta” dinamai demikian karena topengnya sangat tebal. Soba dinamakan karena orang pertama yang berperan sebagai bagian dari Zaman Edo adalah pemilik toko mie soba dan Shouki dinamai demikian karena orang pertama yang memakai topeng kembali pada Zaman Edo adalah seorang lelaki bernama Shoukichi.

Orang – orang berpartisipasi dan ingin mendapatkan berkat
Credit: Visit Hiroshima

Festival ini berlangsung selama tiga hari festival. Jika berencana berkunjung ke Jepang pada bulan November festival ini bisa menjadi salah satu alternatif tempat yang dikunjungi. Jika kalian berkunjung, jangan lupa untuk ambil kesempatan untuk menerima berkat yang sedikit kasar dari setan sambil berdoa untuk kesehatan yang baik sepanjang tahun. Terlepas dari kepercayaan masing – masing, namun tidak ada salahnya ikut melihat dan berpartisipasi dengan suka cita bersama masyarakat lokal.

Jangan lupa liburan ke Jepang bersama Wendy Tour ya!

 

Related post

  1. Pre-Book Garuda Travel Fair di B…
  2. Anti Mainstream! Asyiknya Libura…
  3. 3 Objek Wisata Gunung Fuji yang …
  4. Jalan-Jalan menikmati Liburan di…
  5. 5 Hal Menarik Rayakan Valentine …
  6. Pengalaman Seru Menaiki Kapal Pe…
  7. Pakai Kansai Wide Area Pass Untu…
  8. Tips and Trick Sanrio Puroland

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP