Panduan Wisata

Melihat Langsung Upacara Peringatan Perdamaian Hiroshima!

Setiap tanggal 06 Agustus, masyarakat kota Hiroshima akan mengadakan Upacara Peringatan Perdamaian yang diadakan di Monumen Perdamaian Hiroshima. Seperti yang kita ketahui pada tanggal 06 Agustus tahun 1945 bom atom dijatuhkan di kota ini. Lalu seperti apa Upacara tersebut berlangsung? Mari kita simak dalam artikel kali ini!

Suasana saat Upacara dimulai
Credit : Flickr

Upacara Peringatan Perdamaian Hiroshima dimulai pada pukul 08.00 dan diadakan di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima. Masyarakat, pengunjung lokal, serta duta besar dan pejabat dari sekitar 70 negara, berkumpul di sini untuk berdoa dan memberikan penghormatan terhadap korban yang terbunuh oleh bom atom dan juga perdamaian dunia yang abadi. Upacara ini mulai rutin di adakan dua tahun setelah bom atom dijatuhkan yaitu sejak tahun 1947. Dalam upacara ini Perdana Menteri Jepang, Walikota Hiroshima dan tokoh – tokoh penting lainnya akan berpidato tentang permohonan perdamaian.

Momen mengheningkan cipta
Credit : Kyodo news 

Pukul 08:15 pagi tanggal 6 Agustus, menandai saat yang tepat ketika bom atom dijatuhkan, lonceng berbunyi di kuil – kuil, sirene meraung – raung di seluruh kota dan warga Hiroshima akan mengheningkan cipta sesaat untuk mengingat bahwa 140.000 nyawa manusia yang tak tergantikan yang hilang, baik pada hari pemboman atau di bulan – bulan berikutnya. Banyak orang yang selamat dari bom atom yang masih menderita efek sampingnya bahkan sampai hari ini, tidak ada yang bisa dilakukan selain mencoba berdamai dengan masa lalu, kengerian senjata nuklir dan harapan kuat untuk perdamaian dunia di hati masyarakat Jepang terutama Hiroshima.

Orang – orang berkumpul untuk menulis pesan perdamaian pada lentera
Credit : Visit Hiroshima

Beberapa lentera yang sudah diapungkan ke sungai
Credit : Visit Hiroshima

Untuk mengapungkan lentera pada sungai ini, kalian harus membayar seharga ¥600. Para relawan akan membantu membungkus kertas di sekitar bingkai kayu dan menyalakan lentera. Kemudian, kita dapat turun ke air dan mengaturnya untuk diapungkan dengan 10.000 lentera yang lain. Menyaksikan lampu – lampu hangat dari lentera saat mereka mengambang dengan tenang menyusuri sungai dalam kegelapan malam, setiap lentera membawa harapan akan kedamaian dari para hadirin yang berkumpul, memiliki kualitas yang kuat, hampir seperti duniawi lainnya. Peserta dalam acara ini tidak hanya penduduk lokal Hiroshima, tetapi juga banyak pengunjung yang datang dari jauh.

Cantik ya!
Credit : Visit Hiroshima

Jadi, apakah kalian sudah siap menuliskan pesan perdamaian kalian sendiri? Jangan lupa untuk liburan ke Jepang bersama Wendy Tour ya!

Related post

  1. Nikmati Tokyo di Pagi Hari denga…
  2. THE (UN) POISONED FUGU OR PUTTER…
  3. PROTOKOL BARU DI JEPANG PADA SAA…
  4. Liburan Ke Jepang memanfaatkan T…
  5. Cek Dulu Sebelum Pergi! Daftar P…
  6. Mendalami Sejarah Jepang dan Pen…
  7. Informasi Terbaru “KANSAI THRU P…
  8. Naik Kereta Romantis Sagano, Car…

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP