Informasi

8 Festival Kembang Api yang Wajib Dikunjungi di Jepang

Kembang api, atau yang dalam bahasa Jepang disebut Hanabi, memiliki sejarah panjang tersendiri di Jepang, mulai dari awalnya digunakan untuk mengusir roh jahat hingga sekarang menjadi bagian penting dalam hampir setiap perayaan festival musim panas. Nah disini kita akan memperkenalkan 8 festival kembang api yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi apabila kalian liburan ke Jepang antara bulan Juli – November :

1. Festival Kembang Api Nagaoka (Niigata)

Salah satu festival kembang api terbaik di Jepang lho!
Credit : https://enjoyniigata.com/

Festival Kembang Api Nagaoka merupakan puncak perayaan dari Festival Nagaoka yang diadakan setiap tanggal 1 – 3 Agustus. Festival kembang api ini dirayakan selama 2 malam dan merupakan salah satu dari 3 festival kembang api terbaik di Jepang. Festival ini diadakan di area sungai Shinano di kota Nagaoka. Untuk menuju Nagaoka sendiri bisa dengan kereta Shinkansen dari Tokyo dengan lama perjalanan hampir 2 jam dan bisa menggunakan JR East Nagano-Niigata Area Pass.

2. Festival Kembang Api Omagari (Akita)

Kembang api Omagari sudah berusia lebih dari seabad!
Credit : https://jnto.tohokumoment.com/

Salah satu dari 3 festival kembang api terbaik di Jepang sekaligus 3 perlombaan kembang api terbaik di Jepang, Festival Kembang Api Omagari merupakan perayaan tahunan yang sudah berusia lebih dari seabad. Lebih dari 20,000 kembang api akan menghiasi langit Akita setiap hari Sabtu ke 4 di bulan Agustus. Sedikit berbeda dari festival kembang api pada umumnya, festival ini berlangsung dari sore hari sejak jam 5 sore hingga malam. Akses menuju Omagari pun sangat mudah, cukup naik kereta Shinkansen Akita sekitar 3 jam dari stasiun Tokyo langsung menuju stasiun Omagari, kemudian jalan kaki sekitar 25 menit menuju lokasi acara. Seluruh perjalanan kereta pulang pergi Tokyo bisa dicover menggunakan JR East Tohoku Area Pass.

3. Festival Kembang Api Danau Suwa (Nagano)

Kembang api di Danau Suwa yang tidak boleh di lewatkan! 
Credit : JNTO

Buat para pecinta anime mungkin sudah pernah mendengar nama Danau Suwa sebelumnya sebagai salah satu inspirasi lokasi yang muncul di film animasi terkenal Kimi no Na Wa (Your Name). Danau terbesar di prekfetur Nagano ini merupakan pemandangan yang layak dikunjungi setiap musim, terutama di musim panas area danau ini akan berubah menjadi panggung pertunjukan kembang api terbesar di Jepang dengan lebih dari 40,000 kembang api yang dinyalakan di atas danau. Festival kembang api ini diadakan setiap tanggal 15 Agustus. Perjalanan naik kereta menuju danau Suwa kurang lebih 3 jam dari Tokyo dan tercover menggunakan JR East Nagano Niigata Area Pass.

4. Festival Kembang Api Aomori Nebuta (Aomori)

Kembang api pada Festival Nebuta
Credit : http://www.dydo-matsuri.com/

Festival kembang api Nebuta Aomori merupakan puncak dari perayaan festival Nebuta Aomori yang biasa diadakan antara tanggal 2 – 7 Agustus. Festival Nebuta Aomori merupakan festival sekaligus lomba tahunan yang menampilkan keterampilan nebuta, yaitu lampion warna warni berukuran raksasa yang bentuknya diambil dari tokoh dan makhluk dalam sejarah dan mitos yang sepenuhnya dilukis dengan tangan. Perayaan kembang api ini sendiri hanya diadakan pada tanggal 7 Agustus sebagai bagian dari acara penutupan, dimana pajangan nebuta yang ditetapkan sebagai pemenang akan dipamerkan di atas perahu yang dilayarkan di teluk Aomori berhiaskan kembang api di atas langitnya. Lokasi festival ini hanya berjarak 10 menit jalan kaki dari stasiun Aomori dengan lama perjalanan sekitar 4 jam menggunakan kereta dari Tokyo. Perjalanan kereta sepenuhnya dicover JR East Tohoku Area Pass.

5. Festival Kembang Api Sendai Tanabata (Sendai)

Kembang api pada Stars Festival, cantik bukan!
Credit : https://japantravel.navitime.com/

Festival Tanabata yang juga dikenal sebagai “star festivals” (festival bintang) merupakan tradisi perayaan tahunan yang dirayakan di seluruh Jepang di tanggal 7 Juli, namun sedikit berbeda di Sendai, mereka merayakan Tanabata di tanggal 6 – 8 Agustus. Festival ini merupakan salah satu perayaan tanabata terbesar dan paling terkenal di Jepang. Berbeda dengan festival lainnya yang biasa menempatkan kembang api untuk penutupan festival, kembang api di festival Sendai Tanabata diadakan sebelum perayaan festival yaitu tanggal 5 Agustus malam. Untuk menuju Sendai jaraknya cukup dekat, cukup naik kereta Shinkansen kurang lebih 1, 5 jam dari stasiun Tokyo menuju stasiun Sendai dan tentunya bisa menggunakan JR East Tohoku Area Pass.

6. Festival Kembang Api Akagawa (Yamagata)

Festival kembang api Akagawa
Credit : https://japan-magazine.jnto.go.jp/

Diadakan sejak tahun 1991, festival kembang api Akagawa termasuk dalam 10 pertunjukan kembang api terbaik di Jepang. Festival kembang api ini juga merupakan Kompetisi Desain Kembang Api Nasional yang diikuti oleh para pembuat kembang api professional. Festival ini diadakan tiap tahun pada hari Sabtu ketiga di bulan Agustus di sepanjang sungai Aka di kota Tsuruoka. Untuk menuju kota Tsuruoka jaraknya cukup jauh dari Tokyo hampir sekitar 5 jam, oleh karena itu disarankan untuk menginap 1 malam di kota Tsuruoka atau Yamagata. Perjalanan kereta bisa dicover menggunakan JR East Tohoku Area Pass.

7. Kompetisi Kembang Api Tsuchiura Seluruh Jepang (Ibaraki)

Festival kembang api Tsuchiura
Credit : https://japantravel.navitime.com/

Bersama dengan Festival Kembang Api Nagaoka & Omagari, Festival Kembang Api Tsuchiura merupakan 1 dari 3 festival kembang api terbaik di Jepang, sekaligus juga 3 perlombaan kembang api terbaik di Jepang. Kota Tsuchiura di prefektur Ibaraki hanya berjarak sekitar 50 menit naik kereta dari Tokyo jadi sangat mudah untuk dijangkau. Festival ini diadakan setiap hari Sabtu pertama di bulan November. Kita bisa menggunakan JR East Tohoku ataupun JR East Nagano Niigata untuk menuju ke kota ini.

8. Festival Kembang Api Sungai Sumida (Tokyo)

Salah satu festival kembang api tertua di Jepang!
Credit : https://matcha-jp.com/

Last but not least, di Tokyo pun juga tentunya memiliki festival kembang api yang juga bisa dinikmati. Salah satu festival kembang api tertua di Jepang ini berlangsung di sekitar sungai Sumida dekat dengan stasiun Asakusa. Setiap tahun festival ini bisa menarik lebih dari 1 juta penonton, oleh karena itu disarankan datang sepagi mungkin apabila mau mendapatkan lokasi menonton terbaik ya. Festival ini biasa diadakan setiap hari Sabtu terakhir di bulan Juli mulai pukul 19:30 – 20:30.

Bagaimana? Apakah sudah menentukan festival kembang api yang mana yang akan di kunjungi? Jangan lupa Wendy Tour siap membantu perencanasn perjalanan kalian ke Jepang lho!

 

Related post

  1. Mau Menikmati Keindahan Sakura? …
  2. Top 8 Rekomendasi Lomba Marathon…
  3. Kabar Gembira! Air Asia X Indone…
  4. Perayaan Tahun Pertama Moominval…
  5. Fujisan Marathon!! 7th Annual Mt…
  6. Liburan Ke Jepang membawa Sepeda…
  7. Japan Airlines (JAL) Pindah Bero…
  8. MASJID KOBE – YUK DATANG K…

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP