Informasi

Mempelajari Sejarah dan Keindahan Alam Hokkaido di Taman Hutan Nopporo

Ketika mendengar kata hutan, yang pertama terlintas di pikiran kita umumnya hutan yang terletak di area pegunungan dan jauh dari area perkotaan, namun berbeda dengan Taman Hutan Nopporo. Hutan yang juga merupakan taman alami ini berlokasi di bukit Nopporo yang membentang di 3 kota; Sapporo, Ebetsu & Kita-Hiroshima. Taman hutan ini hanya berjarak sekitar 1 jam perjalanan dengan kombinasi kereta lokal JR & bus dari stasiun kereta Sapporo, apabila menggunakan mobil atau taxi hanya berjarak 30 menit.

Taman hutan Nopporo pertama dibuka pada tahun 1968 sebagai salah satu bagian dari perayaan 100 tahun Hokkaido sekaligus upaya untuk melindungi dan meningkatkan kelestarian hutan alam yang berharga, di sisi lain taman hutan ini juga dimaksudkan sebagai area rekreasi alam bagi warga yang tinggal di sekitarnya. Hutan ini memiliki luas sebesar 2,053 hektar dan mayoritas wilayah taman ini merupakan hutan nasional. Pada tahun 1977, taman ini ditetapkan sebagai hutan rekreasi alam Showa no Mori dan suaka margasatwa untuk memperingati 50 tahun takhta Kaisar Showa.

 

Centennial Memorial Tower
Credit by : Sapporo Travel

 

Di taman hutan ini sudah tersedia fasilitas jalur pejalan kaki yang memudahkan pengunjung dari segala usia untuk menikmati keasrian hutannya. Pepohonan di hutan ini terletak di zona transisi antara hutan subtropis dan hutan subarctic sehingga terdapat 2 pembagian utama antara hutan konifer campuran dan hutan berdaun lebar. Untuk jenis hutan berdaun lebar terdiri dari pohon ek Mongolia, pohon Judas Jepang, dan linden Jepang. Sementara untuk hutan konifer subarctic sebagian besar terdiri dari pohon cemara Sakhalin. Apabila dihitung secara keseluruhan kurang lebih terdapat sekitar 110 jenis pohon, 400 jenis rumput liar & 200 jenis tanaman jamur di hutan ini.

 

Credit by : Prefektur Hokkaido

 

Sebagai hutan yang juga berfungsi sebagai suaka margasatwa, hutan ini merupakan rumah bagi beberapa jenis mamalia seperti rubah, anjing rakun, berbagai jenis kelinci termasuk kelinci salju Hokkaido, tupai Hokkaido, tupai terbang Siberia, dan berbagai hewan lainnya. Anda juga bisa melihat 140 jenis burung dan 1.300 jenis serangga langka.

 

Sciurus vulgaris orientis.
Credit by : Prefektur Hokkaido

 

Dendrocopos major.
Credit by : Prefektur Hokkaido

 

Lucanus maculifemoratus.
Credit by : Prefektur Hokkaido

 

Taman hutan ini sudah dilengkapi dengan fasilitas visitor center, dimana pengunjung bisa melihat diorama, ilustrasi, dan foto yang menunjukkan cara kerja alam di Taman Hutan Nopporo. Pengunjung dapat belajar tentang bagaimana taman ini terbentuk, vegetasinya dan informasi detail mengenai makhluk-makhluk yang hidup di hutan. Tiap sebulan sekali suka diadakan pertemuan untuk pengamatan alam dan juga berbagai acara bertema alam lainnya, salah satunya adalah “Pojok Kerajinan Hutan”, dimana para orangtua bisa mengajarkan cara membuat kerajinan tangan bertemakan alam kepada anak-anak mereka.

 

Nopporo Forest Park Visitors’ Center.
Credit by : Prefektur Hokkaido

 

Untuk masuk ke taman hutan Napporo tidak dipungut biaya masuk apapun dan buka sepanjang tahun termasuk di musim dingin, dimana anda bisa menikmati kegiatan trekking salju lengkap dengan perlengkapan sepatu salju dengan biaya sewa JPY 7,000 – JPY 10,000 per orang. Kegiatan musiman ini biasa dilakukan dari tanggal 1 Desember – 30 Maret. Bagi para pecinta alam bisa nih jadikan taman hutan ini sebagai salah satu tempat kunjungan saat jalan-jalan ke Hokkaido.

 

Credit by : Hokkaido Wilds

 

Di area Taman hutan Nopporo ini juga terdapat 2 tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi loh, yaitu Desa Sejarah Hokkaido dan Museum Hokkaido. Desa Sejarah Hokkaido merupakan museum terbuka yang menampilkan 60 bentuk bangunan dari seluruh penjuru Hokkaido dari berbagai periode jaman, sedangkan di Museum Hokkaido anda bisa mempelajari tentang sejarah dan kebudayaan Hokkaido sendiri.

 

Desa Sejarah Hokkaido.
Credit by : Japan Guide

 

Museum Hokkaido.
Credit by : Japan Guide

 

Kedua tempat ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari taman hutan Nopporo, jadi tidak hanya menikmati keindahan alam, tapi bisa mengenal lebih jauh tentang sejarah perkembangan prefektur Hokkaido.

Source: http://www.hm.pref.hokkaido.lg.jp/en/nopporo-forest-park/

 

INFO PRODUK:

jr-pass-hokaido JR PASS HOKKAIDO button

JR Pass Hokkaido adalah tiket terusan kereta yang dapat anda gunakan untuk naik kereta Japan Railway Group di seluruh wilayah Hokkaido Read more…

WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

 

Related post

  1. Indahnya Nemophila Di Hitachi Se…
  2. Bermain Ski dan Menikmati Hangat…
  3. Wajib Kamu Coba, Lidah Sapi Di S…
  4. Mau Menikmati Keindahan Sakura? …
  5. Snow Walking Tour Seru di Gala Y…
  6. Tutup Pasar Ikan Tsukiji, Pasar …
  7. (RENEWAL) Mau Liburan? Kantor We…
  8. Wisata air di Kota Yanagawa, Fuk…

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP