Informasi

Ragam Mie Super Lezat Di Morioka Yang Wajib Kamu Cicipi!

Diantara sekian banyak makanan Jepang yang terkenal dan mendunia, mie merupakan salah satu menu favorit. Tentunya anda pernah bahkan sering mendengar istilah – istilah seperti Ramen, Soba, Yakisoba, Udon, yang merupakan macam – macam penyebutan mie di Jepang tergantung dari tekstur mie, rasa, serta cara pembuatannya. Setiap area di Jepang memiliki ciri khas menu mie nya masing – masing, salah satunya adalah di kota Morioka.

Morioka yang merupakan ibukota dari prefektur Iwate ini sudah terkenal di Jepang oleh karena variasi menu mie yang ditawarkan, bahkan muncul istilah “3 Mie Hebat Morioka” (The Three Great Noodles of Morioka) untuk 3 mie khusus yang disajikan di kota ini :

1. Wanko Soba
Mau sepenuhnya menikmati pengalaman makan wanko soba sekaligus menguji kapasitas makan anda? Maka sebaiknya anda menikmati wanko soba dalam keadaan perut masih kosong atau setidaknya sediakan jeda waktu dari sebelumnya anda makan. Penyajian wanko soba yang unik dengan mangkok kecil & porsi yang dibuat hanya seukuran gigitan namun disajikan tanpa henti ini telah menarik banyak penantang baik dari dari dalam maupun luar Jepang. 15 porsi wanko soba setara dengan 1 mangkuk soba ukuran normal, rata-rata pengunjung wanita bisa menghabiskan sekitar 30 – 40 mangkok, sementara pengunjung pria sekitar 50 – 60 mangkok. Wanko soba yang disajikan paling awal biasanya disajikan polos untuk mencicipi rasa soba nya sendiri, baru kemudian di mangkok kedua dan seterusnya pengunjung diperbolehkan menambahkan topping.

Siapkan space yang banyak untuk perut ya!
Credit: https://www.japanrailtimes.japanrailcafe.com.sg/

Pelayan wanko soba tidak akan berhenti menambahkan soba ke mangkok anda sampai anda merasa kenyang. Apabila bisa makan hingga 100 mangkok, anda akan mendapatkan sertifikat khusus loh. Hingga saat ini rekor terbanyak dicapai oleh seorang wanita dari Morioka yang berhasil menghabiskan 570 mangkok. Anda bisa menemukan beberapa restoran spesial menyajikan wanko soba di kota Morioka dengan mudah.

2. Reimen

Morioka Reimen yang wajib dicoba!
Credit : https://www.ru.jal.co.jp/

Reimen, atau biasa lebih dikenal dengan sebutan Morioka Reimen, terinspirasi dari hidangan mie dingin Pyongyang dari Korea Utara. Teruto Aoki, penduduk asli Korea Utara yang bermigrasi ke Jepang, membawa menu Reimen ke Morioka untuk pertama kalinya ketika membuka restoran Shokudoen pada tahun 1954 di Jepang. Reimen terbuat dari tepung kentang & tepung gandum. Kaldu kuah nya berwarna bening & dibuat dingin biasanya terdapat topping irisan daging, kimchi, sepotong buah (biasanya pir, apel atau semangka), setengah telur rebus, dan timun. Karena kuah nya yang dingin, makanan ini paling banyak dicari ketika musim panas untuk sekaligus menyejukkan tubuh di tengah cuaca yang menggerahkan.

3. Jajamen

Jajamen! Salah satu ramen populer yang tidak boleh dilewatkan!
Credit : https://tohoku365.com/

Diantara ketiga mie yang terkenal di Morioka, Jajamen merupakan yang paling terkenal dan yang paling bisa dinikmati kapan saja dengan lebih santai. Jajamen terinspirasi dari Zhajiangmian Tiongkok dan memiliki kemiripan juga dengan Jajangmyeon Korea, namun tentunya rasa yang disajikan pun berbeda menyesuaikan dengan selera penduduk lokal. Jajamen terdiri dari mie udon dengan topping timun, bawang putih, minyak cabai, saus daging miso manis dan juga jahe, yang kemudian diaduk secara merata sebelum dimakan. Keistimewaan dari makan jajamen adalah saat mie sudah mau habis, umumnya akan disediakan telur mentah yang kemudian dipecahkan dan dicampur dengan sisa mie & miso daging yang tersisa di piring, serahkan mangkuk anda kepada pelayan yang akan mengisi kembali mangkok anda dengan air panas dan menghasilkan sop telor yang bisa anda nikmati kembali, keunikan ini disebut juga “chitantan”.

Credit : http://www.jlgc.org.au/

Morioka mungkin tidak terlalu banyak memiliki tempat wisata untuk dikunjungi selain Taman Kastil Morioka yang menjadi salah satu spot menikmati sakura, namun 3 menu mie Morioka ini sudah begitu terkenal di Jepang hingga menjadi ciri khas Morioka sendiri dan menarik banyak pengunjung yang ingin menikmati setiap menu langsung di kota ini. Untuk mengunjungi kota Morioka pun tidaklah sulit apabila anda dari Tokyo, cukup naik kereta Shinkansen sekitar 2,5 jam perjalanan dari stasiun Tokyo langsung menuju stasiun Morioka yang juga tercover oleh JR Pass All Area, JR East Tohoku Area Pass, dan JR East South Hokkaido Pass.

 

 

 

Related post

  1. Asakusa, Destinasi Tokyo Yang Ta…
  2. Menelusuri Tempat Wisata Pada Fi…
  3. Persiapan Menghadapi Gempa Saat …
  4. Produk Baru: Ikuti Serunya Mengu…
  5. MASJID KOBE – YUK DATANG K…
  6. Pengalaman Seru Berkeliling Kast…
  7. Ke Jepang Mahal? Kata Siapa? Ada…
  8. Bisa Langsung Main Ski Setelah T…

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP