Informasi

Fitur Klasik dari Rumah Tradisional Jepang

Rumah tradisional Jepang punya interior dan arsitektur unik yang membuatnya charming dan memiliki kesan Jepang banget. Nah, ternyata ada 7 fitur klasik yang wajib ada di rumah tradisional Jepang. Apa saja?

Shoji

Credit by : Pixabay

 

Jika pernah menonton anime atau drama dengan setting Jepang zaman dulu, pasti kamu pernah melihat pintu geser yang terbuat dari kayu dengan sekat-sekat menyerupai jendela. Ternyata, nama pintu ini adalah Shoji, pintu geser yang terbuat dari kertas transparan dan kerangka kayu. Fungsi shoji adalah untuk membiarkan cahaya masuk dan bayangan dari luar bisa terlihat.

Fusuma

Credit by : Japan Talk

 

Nah, biasanya rumah tradisional Jepang juga punya fusuma. Apa itu? Mirip dengan shoji, fusuma juga merupakan pintu geser yang juga berfungsi sebagai dinding. Adanya fusuma membuat ruangan lebih mudah diatur.

Wagoya

Credit by : Japan Talk

 

Bangunan tradisional Jepang juga punya keunikan sendiri, langit-langitnya dibuat tanpa menggunakan paku sedikitpun! Langit-langit yang dibuat menggunakan kayu-kayu ini menggunakan tali tambang sebagai penyambungnya. Nah, ternyata langit-langit unik ini punya nama lho, yaitu wagoya.

Engawa

Credit by : Japan Talk

 

Rumah tradisional Jepang juga punya bagian mirip beranda yang disebut engawa. Engawa digunakan sebagai pemisah antara shoji dan luar rumah. Di bagian bawah engawa, ada tempat untuk menyimpan sepatu (lihat batu besar dalam gambar). Engawa juga sering dijadikan tempat untuk bersantai.

Ranma

Credit by : Japan Talk

 

Sudut unik berikutnya adalah Ranma. Bagian yang terletak di atas shoji atau fusuma ini berfungsi untuk membiarkan cahaya masuk ke dalam ruangan. Biasanya, ranma dibuat dari ukiran kayu.

Tokonoma

Credit by : Japan Talk

 

Tokonoma merupakan sudut kecil yang biasanya terdapat di ruang yang dijadikan ruang tamu di rumah tradisional Jepang. Tokonoma berfungsi untuk meletakkan beberapa hiasan, eperti lukisan, shodo (kalirafi Jepang) atau ikebana (rangkaian bunga ala Jepang). Ada beberapa aturan terkait tokonoma.Contohnya, kita tidak boleh duduk atau berdiri di area tokonoma karena dianggap tidak sopan.

Amado

Credit by : Japan Talk

 

Untuk privasi dan keamanan, rumah tradisional Jepang juga punya segel yang biasa disebut Amado. Benda yang biasanya terbuat dari papan kayu atau lapisan besi ini mampu mengubah sebuah rumah yang terbuka dan terlihat mengundang di siang hari menjadi tertutup dan aman di malam hari tanpa mengurangi keindahannya.

Jika anda ingin mengenal lebih banyak tentang keunikan tradisi jepang, atau keindahan alam di jepang, atau ingin menanyakan tentang liburan ke Jepang, silahkan Hubungi Wendy Tour ya!

 

INFO PRODUK:

1033455Boeing-777-ANA780x390

Tiket Pesawat

button
Cari tiket pesawat menuju Jepang dengan harga terjangkau, Read more…
WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

 

free-wifi-router_web_banner

Wifi Router Rental

button
Akses internet di Jepang dengan cepat dengan harga hemat ? Yuk sewa Wifi Router di Wendy Tour yang bisa kamu bawa langsung dari Indonesia, Read more…
WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

 

 

Related post

  1. Internet Lancar, Jalan-Jalan Jug…
  2. PESONA JEMBATAN GANTUNG TERPANJA…
  3. Ingin Berkeliling Tokyo “A…
  4. Etika Berlibur Di Jepang Yang Ha…
  5. THE (IN) EXPENSIVE KOBE BEEF : M…
  6. Mendalami Sejarah Jepang dan Pen…
  7. TIPS AKSES KERETA MENUJU DISNEY …
  8. JR EAST PASS Travel and Discover…

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP