Informasi

SAPPORO BEER GARDEN: WISATA KULINER KHAS HOKKAIDO

Hokkaido terkenal akan banyak hal, seperti wisata musim dingin nya dan paling ramai dikunjungi di periode bulan Desember hingga Maret baik oleh wisatawan asing maupun turis lokal Jepang sendiri. Selain terkenal untuk keindahan salju nya, kota utama Hokkaido yaitu Sapporo juga dikenal dengan julukan “kota bir”, tidak heran karena Hokkaido merupakan tempat tempat kelahiran bir di Jepang dan telah menghasilkan salah satu merek bir tertua dan terpopuler di negara ini yaitu Sapporo Beer. Ada banyak cara untuk menikmati bir di Sapporo, namun salah satu lokasi yang tentunya tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi bagi para pecinta bir maupun penikmat wisata kuliner saat berkunjung ke Sapporo adalah Sapporo Beer Garden & Sapporo Beer Museum.

 

Credit by : Official Website Sapporo Beer Garden

 

Sapporo Beer Museum merupakan satu-satunya museum bir di Jepang. Bangunan dengan dekorasi batu bata berwarna merah ini pertama dibangun pada tahun 1890 dan awalnya digunakan sebagai pabrik gula Sapporo. Baru pada bulan Juli 1987, setelah mengalami rekonstruksi bangunan ini pun dibuka kembali menjadi sebuah museum. Sapporo Beer Museum sudah terdaftar sebagai salah satu Situs Kebudayaan Hokkaido per tanggal 22 Oktober 2004 karena nilai sejarahnya yang kental sejak periode Meiji.

 

Credit by : Official Website Sapporo Beer Garden

 

Museum ini memperkenalkan sejarah bir di Jepang dan proses pembuatannya. Barang-barang yang dipamerkan seperti tampilan botol bir, poster, miniatur bangunan, dan alat untuk pembuatan bir. Beberapa dari barang yang ditampilkan ini ada yang benar-benar digunakan sebagai media pembuat bir hingga sebelum Perang Dunia II. Tidak hanya sekedar melihat –lihat pameran, kita bisa mencicipi bir dengan membayar sedikit biaya, atau bisa juga mengikuti tour bersama pemandu lokal museum yang sudah termasuk dengan mencicipi bir sebagai penutup, apabila ditemani pemandu harus membayar sebesar JPY 500/orang. Panduan bahasa yang digunakan masih dalam bahasa Jepang, namun tersedia juga panduan audio dalam bahasa Inggris & Korea.

 

Star Hall : lokasi mencicipi bir setelah dari museum.
Credit by : Official Website Sapporo Beer Garden

 

Terhubung langsung dengan Sapporo Beer Museum, kita bisa bersantai menikmati bir dan kuliner khas Hokkaido di Sapporo Beer Garden. Sesuai namanya, Sapporo Beer Garden merupakan bangunan yang terdiri dari restoran dan hall bir dengan nuansa atmosfir yang beragam, mulai dari nuansa klasik, tradisional, hingga modern.

 

Kessel Hall.
Credit by : Official Website Sapporo Beer Garden

 

Menu utama yang disajikan di semua restoran dan hall bir ini tentunya adalah bir all you can drink yang disajikan bersama dengan all you can eat BBQ daging kambing yang juga merupakan kuliner khas Hokkaido dan terinspirasi dari nama penguasa besar Mongolia yaitu Genghis Khan. Selain kedua menu utama ini ada tersedia juga menu all you can eat kepiting, buffet, set menu dan menu ala carte di setiap restoran.

 

All-you-can-eat Genghis Khan.
Credit by : Official Website Sapporo Beer Garden

 

Untuk menuju Sapporo Beer Museum & Sapporo Beer Garden, transportasi yang disarankan adalah menggunakan bus “Loop 88 Factory Line” dari stasiun Sapporo. Bus berangkat tiap 20 menit sekali dengan biaya JPY 210/orang sekali jalan. Museum ini tutup
setiap hari Senin dan tanggal 31 Desember, namun tidak menutup kemungkinan museum bisa juga tutup selain di jadwal yang disebutkan, sedangkan Sapporo Beer Garden hanya tutup di tanggal 31 Desember saja. Keduanya buka pada pukul 11:30 dengan Sapporo Beer
Museum tutup lebih cepat pukul 20:00 dan Sapporo Beer Garden tutup pada pukul 22:00. Tidak ada biaya untuk masuk museum, namun seperti yang disebutkan sebelumnya, apabila mau mencicipi bir akan dikenakan sedikit biaya tambahan sekitar JPY 200 – JPY 800, atau bisa langsung membayar tour lokal di museum sebesar JPY 500. Pendaftaran mengikuti tour ini bisa dilakukan hingga 10 menit sebelum tour dimulai.

 

Sapporo Odori Beer Garden.
Credit by : Hokkaido Official Tourism Website

 

Tidak hanya di Sapporo Beer Garden, ada juga event tahunan bertema bir di Hokkaido yang memang diadakan di area taman terbuka saat periode musim panas, tepatnya di periode bulan Juli – Agustus, yang bernama Sapporo Odori Beer Garden. Ini merupakan event taman bir terbesar di Jepang dengan jumlah pengunjung sekitar 13,000 orang. Ada beberapa area terpisah di acara ini, seperti area untuk 4 merek pembuat bir terbesar di Jepang, area untuk menikmati bir dari seluruh penjuru dunia, juga tersedia area Desa Jerman dimana anda dapat menikmati bir asli Jerman dan masakan tradisional Jerman.

Source: https://www.sapporobeer.jp/english/brewery/s_museum/

Sapporo Odori Beer Garden


https://www.japan-guide.com/e/e5300.html

 

INFO PRODUK:

jr-pass-hokaido JR PASS HOKKAIDO button

JR Pass Hokkaido adalah tiket terusan kereta yang dapat anda gunakan untuk naik kereta Japan Railway Group di seluruh wilayah Hokkaido Read more…

WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

 

 

Related post

  1. Jepang Akan Menggelar Uji Antibo…
  2. SEBELUM KE JEPANG, YUK PERHATIKA…
  3. Persiapan Menghadapi Gempa Saat …
  4. (UPDATE) Info Gala Yuzawa – 12 D…
  5. ONE STOP RELAXATION AT SPA WORLD…
  6. (RENEWAL) Mau Liburan? Kantor We…
  7. 5 Hotel Unik di Jepang yang Patu…
  8. NOTO RAILWAY: KEINDAHAN SINGKAT …

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP