Informasi

5 HAL PENTING YANG WAJIB KAMU KETAHUI SAAT LIBURAN KE JEPANG !

Dengan meningkatnya jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang setiap tahunnya, warga Jepang memikirkan juga bagaimana sikap para wisatawan ini. Hal tersebut memengaruhi kehidupan warga di sana. Seperti yang terjadi di Kyoto, ada seorang wisatawan yang melecehkan seorang maiko (geisha) demi mendapatkan foto menarik.

Tak jarang pula diketemukan perilaku tidak sopan para pelancong saat berada di dalam kereta. Supaya tak menjadi wisatawan yang menyebalkan saat berada di Jepang, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa etika berwisata ke Jepang sebagai berikut.

1. Lihat Situasi Sekitar Saat Mengambil Foto

Credit by : Live Japan

 

Foto-foto menjadi tujuan wajib saat berwisata, apalagi di Jepang dengan beragam wisatanya. Walaupun sudah menyusun rencana untuk mengambil foto di tempat wisata tertentu, ada baiknya kamu melihat situasi sekitar. Terdapat destinasi wisata yang ramai dikunjungi, sehingga kamu harus antre demi dapat mengambil gambar dengan latar yang bagus. Maka sebaiknya kamu mengambil foto tempat wisata atau landmark di Jepang saat disekitar kita sepi. Bisa juga kamu dan temanmu sekalian berfoto. Namun tetap harus diperhatikan bahwa ada wisatawan lain yang juga ingin berfoto dengan latar landmark yang sama, sehingga jangan terlalu lama foto-foto. Selanjutnya, kamu bisa
mencari destinasi wisata lain di Jepang yang tak terlalu ramai. Supaya kamu bisa lebih menikmati suasana dan juga berfoto dengan latar yang keren, namun tetap memperhatikan antrean.

2. Memakai Tas Punggung di Bagian Depan Badan

Credit by : Live Japan

 

Kereta di Jepang dikenal selalu penuh penumpang, sehingga ada etika tertentu bila kamu naik transportasi umum ini. Jika kita menggunakan tas punggung saat berada di kereta atau bus, letakkan saja di bagian depan badan. Tujuannya supaya kamu tak sampai menyenggol orang lain dengan tasmu. Dengan meletakkannya di bagian depan, kamu dapat lebih fokus dengan segala hal dihadapanmu dan tanpa menyenggol
penumpang lain. Tak mendapat tempat duduk, carilah lokasi berdiri yang jauh dari pintu. Biasanya orang Jepang akan berdiri di lorong dengan rapi. Selain itu, selalu dahulukan orang tua dan penyandang difabel. Maka utamakanlah tempat duduk untuk lansia dan penyandang difabel tersebut.

3. Bersikap Sopan Saat Mengunjungi Tempat Suci dan Kuil

Credit by : Live Japan

 

Penduduk Jepang mayoritas menganut agama Shinto dan Buddha. Walaupun mungkin kamu tidak familiar dengan kepercayaan ini, tetapi secara umum tidak diperbolehkan membuat keributan dan bersikap kurang sopan di tempat suci manapun di dunia. Bersikaplah hormat dan jangan mengambil gambar sembarangan saat berada di kuil Shinto maupun Buddha. Terutama di depan tempat orang melempar koin untuk berdoa. Mengambil foto di sini hampir sama seperti mengambil foto tanpa seizin Tuhan. Bisa dibayangkan saja ketika kamu sedang berdoa dengan khusyuk, lalu ada seseorang mengambil foto selfie di depanmu apalagi menyalakan lampu flash. Tentu saja itu tidak sopan dan mengganggu orang yang sedang berdoa.

4. Jangan Memotong Antrian

Credit by : Live Japan

 

Peraturan antrian yang satu ini tergantung di mana kamu berada. Bila kamu datang ke suatu restoran bersama teman-temanmu, kamu bisa menulis satu nama sebagai perwakilan untuk antrean. Sementara teman-temanmu akan mengikutimu saat giliran dipanggil. Namun hal ini tidak berlaku di semua tempat, seperti di taman bermain. Walaupun datang bersama temanmu, kalian harus antre sendiri-sendiri. Bayangkan saja bila kamu sudah mengantre selama 30 menit, lalu ada teman dari orang di depanmu menerobos antrean. Tentu hal itu sangat tidak menyenangkan. Maka jangan sampai melakukan hal yang sama. Kalau kamu ingin mengantre bersama dengan teman yang datang menyusul, maka mintalah temanmu untuk antre di bagian paling belakang.

5. Jangan Angkat Telepon di Kereta

Credit by : Live Japan

 

Etika saat menaiki kereta di Jepang cukup spesifik. Seperti berhubungan dengan mengangkat telepon. Jika sedang ada di dalam kereta terutama saat jam sibuk, jangan nekat untuk bicara di telepon. Kamu tentu menyadari bahwa orang-orang di dalam kereta begitu diam dan tidak berisik. Tak pelak mereka akan melempar pandangan kesal jika kamu memecah keheningan tersebut. Ketika ingin menghubungi teman, lebih baik kirim pesan teks saja. Harus menelepon orang lain? Maka sebaiknya kamu turun di stasiun terdekat.

INFO PRODUK:

jrnew1-768x420

JR Pass All Area

button
Japan Rail Pass atau biasa disebut JR Pass adalah tiket terusan kereta yang dapat anda gunakan untuk naik kereta atau bus milik Japan Railway Group tanpa terbatas selama jangka waktu yang telah ditentukan di seluruh Jepang, Read more…
WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

 

download

Tiket Pesawat

button
Hadir kembali penawaran spesial dari Japan Airline (JAL) . Penerbangan dari Jakarta ke berbagai destinasi di Jepang. Segera pesan dan dapatkan harga terbaik.., Read more…
WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

 

 

 

Related post

  1. Ragam Mie Super Lezat Di Morioka…
  2. Indahnya Nemophila Di Hitachi Se…
  3. Pahami Penggunaan Jenis-Jenis Ti…
  4. Ingin Mendaki Gunung Fuji? Yuk S…
  5. 3 Souvenir Utama Yang Menarik da…
  6. Bendera Peringatan Tsunami di Je…
  7. (UPDATE) Info Gala Yuzawa – 12 D…
  8. 8 TEMPAT TERINDAH DI JEPANG YANG…

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP