Informasi

THE (IN) EXPENSIVE KOBE BEEF : Mahal tapi Worth it!

Ya, Kobe Beef, pasti teman-teman travellers suda sering mendengar nama sapi atau makanan yang terkenal ini. Nah, maka dari itu, ketika ada kesempatan berkunjung ke Jepang dengan beberapa teman, November 2018 lalu, kami sudah merencanakan untuk makan Kobe Beef ini.
Di hari ketiga, maka kami langsung menuju kota Kobe untuk memuaskan rasa ingin tahu kami. Konon sapi ini diternak dengan cara yang berbeda dari sapi umumnya. Ketika waktu makan tiba, maka akan diputar musik di peternakan agar sapi bisa makan dengan lebih tenang. Terkadang sapi pun dipijat agar tidak mudah stress. Kandang sapi pun dibuat lebih kecil, agar sapi tidak terlaliu banyak bergerak sehingga lemak nya menumpuk.
Menuju Kobe, kami naik kereta dari Osaka Station. Kota Kobe dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 21 menit jika menggunakan kereta. Keuntungan lainnya, kereta menuju Kobe juga tercover oleh JR Pass. Oh ya, info untuk travellers, pusat kota Kobe dan tempat mencicipi Kobe Beef ada di Sannomiya Station yah, bukan Kobe Station. Jika teman-teman ingin berbelanja di Kobe,kebanyakan pusat perbelanjaan juga berada di dekat Sannomiya Station yah.

Sannomiya Station

Sekeluarnya dari Sannomiya Station, kami sangat terkejut, bukan karena keindahan kota Kobe, namun karena tepat di depan Sannomiya Station, banyak sekali kedai dan restoran yang menyajikan Kobe Beef. Kami pun sempat kebingungan untuk memilih restoran yang mana yang harus dikunjungi.
Akhirnya kami pun memilih secara random berdasarkan besar restoran dan tingkat keramaian restoran tersebut. Tentu saja kami tidak mencari restoran yang sangat besar, karena kami budget traveller, hehehehe. Tingkat keramaian pun kami pilih yang sekiranya cukup ramai, yang biasa menjadi patokan apakah restoran tersebut enak atau tidak. Nama restoran yang kami kunjungi adalah Kobe Beef Yazawa Hankyu Sannomiya ten.

 

Yazawa

Masuk ke restoran, kami langsung disambut dengan ramah oleh pelayan. Kami diantar ke meja kami. Walaupun restoran ini tidak terlalu besar, tapi pelayanan nya sangat baik, ala fine dining. Kami diberikan napkin ketika akan duduk, kemudian ada hanger eksklusif untuk menaruh jaket kami (note, bulan November di Kobe dan sekitarnya cukup dingin, sekitar 10 derajact elcius.
Kami pun diberikan menu untuk memesan. Mata kami langsung terbelalak karena mahalnya daging Kobe Beef ini. Ada yang mencapai JPY 50,000 per porsi nya (sekitar 7,5 jt rupiah dengan kurs saat ini), saya sampai berpikir, ini motor second atau sapi? Akhirnya seperti yang saya sampaikan sebelumnya, sebagai budget traveller, kami memesan yang termurah.

Menu makanan di Yazawa

Walaupun termurah, ternyata cukup mahal jika di kurs kan dalam rupiah. Saya memesan Sirloin Steak dengan harga JPY 5,000 atau 750rb rupiah! Teman saya memesan Tenderloin dengan harga sedikit lebih mahal, yakni JPY 6,000 (900rb rupiah). Kedua steak yang kami pesan ukurannya 200gr (kalau steak biasa di restoran indonesia, 200gr paling hanya sekitar 100rb an, hehehehe).
Jreeennggg!!! Beberapa menit pun steak sudah disajikan di depan kami, dan kami kembali terkejut, karena ukurannya kecil sekali! Steak kami disajikan dengan acar dan bawang putih goreng (bawang goreng nya enak sekali!) Oh ya, ketika memesan, kami ditanyakan tingkat kematangan, saya ingin medium rare, dan teman saya memilih well done. Pelayan sedikit terkejut karena jarang orang yang ingin well done, kemudian dia menjelaskan tingkat kematangan terbaik untuk merasakan Kobe Beef adalah medium rare. Akhirnya teman saya pun ikut untuk mencoba medium rare.

Ini dia penampakan steaknya, menggiurkan ya!

Yummy!

Gigitan pertama, langsung memberikan sensasi yang berbeda. Rasanya sangat empuk, seakan-akan lumer di lidah, dan rasanya luar biasa enak. Padahal ini yang harganya termurah. Saya mencicipi punya teman saya, rasanya tidak terlalu berbeda, tapi lebih empuk dan tidak berlemak karena jenis tenderloin. Saya jadi membayangkan, yang termurah sudah seenak ini, bagaimana kalau yang paling mahal?

Gigitan pertama. Yummy!

Akhirnya makanan kami pun sudah hampir habis, dan kami melambatkan kegiatan makan kami, karena rasanya tidak ingin kenikmatan ini berakhir. Kesimpulannya, walaupun harga mahal, tapi sepadan dengan yang ditawarkan. Teman saya sempat berujar “Setidaknya sekali seumur hidup, orang harus mencoba makanan ini sebelum mati” Oh, ya restoran ini juga mendapat penghargaan berupa piala, namun saya tidak tahu penghargaan apa, karena tertulis dengan bahasa Jepang.

Ini dia piala yang tadi saya ceritakan

Tertarik mencicipi Kobe Beef? Ayo, berkunjung ke Jepang bersama WENDY TOUR. Dapatkan juga informasi menarik tempat wisata dan kuliner lain di Jepang. Kami tunggu kedatangannya, dan jangan lupa mulai menabung untuk mencicipi Kobe Beef!

Related post

  1. “Okayama” Kota Terse…
  2. Buruan! Belanja di Tokopedia Wen…
  3. 8 TEMPAT TERINDAH DI JEPANG YANG…
  4. Serunya Trekking di Kuragari Val…
  5. Jadwal Operasional Kantor Wendy …
  6. WISATA MENYELAM DI PULAU ISHIGAK…
  7. 5 Restoran yang Unik dan Instagr…
  8. IMIGRASI JEPANG MENGUMUMKAN PERS…

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP