Informasi

KEUNIKAN BUKIT PASIR TOTTORI

Kalau mendengar kata bukit pasir atau gurun pasir, hal pertama yang terlintas di pikiran kita mungkin tempat – tempat klasik seperti Mesir, Afrika, Saudi Arabia, tapi tahukah kalian bahwa kita juga bisa menikmati wisata padang pasir di Jepang? Seolah tidak ada habis nya tempat – tempat unik yang bisa ditawarkan dari alam Jepang, kali ini mari berkenalan dengan Bukit Pasir Tottori.
The Tottori Sand Dunes (Bukit Pasir Tottori) adalah bukit pasir terbesar di Jepang dan merupakan daya tarik utama dari prefektur Tottori sendiri. Bukit pasir ini terbentuk kurang lebih sejak 100,000 tahun lalu dari endapan sedimen dari Pegunungan Chuugoku yang mengalir ke sungai Sendaigawa dan berakhir di Laut Jepang. Pasir sungai ini perlahan tertimbun di sepanjang pantai karena pengaruh arus laut. Hingga saat ini pun, pergerakan air pasang dan angin pantai terus mempengaruhi perubahan bentuk bukit pasir ini.

Credits : JNTO

Bukit Pasir Tottori merupakan bagian dari Taman Nasional San’in Kaigan. Bukit pasir ini terbentang sepanjang 16 kilometer dan memiliki lebar 2 kilometer. Lokasinya tepat berada di luar pusat kota Tottori, untuk transportasi ke bukit pasir ini hanya bisa menggunakan bus atau taxi dengan lama perjalanan sekitar 20 – 30 menit dari stasiun kereta Tottori. Biaya naik bus kurang lebih 300 – 400 yen sekali jalan, apabila naik taxi biayanya sekitar 2200 yen sekali jalan. Banyak macam kegiatan yang bisa dilakukan di bukit pasir ini, salah satu nya yang paling menarik adalah kita bisa merasakan sensasi naik unta atau kuda sambil menyusuri bukit pasir selayaknya sedang berada di padang pasir sesungguhnya. Karena posisi bukit pasir ini yang langsung bersebelahan dengan pesisir laut Jepang, kita bisa menikmati pemandangan kontras yang unik antara pasir dan lautan, terutama pemandangan saat matahari terbenam. Biaya untuk mengedarai unta ini sekitar 1,500 yen untuk 1 orang dan 2,600 yen untuk 2 orang.

Yuk coba berkeliling menaiki unta! 
Credits : JNTO

Menikmati matahari turun, wah indah ya!
Credits : JNTO

Bagi yang menginginkan opsi kegiatan yang lebih menantang bisa mencoba juga untuk paralayang atau seluncur pasir. Selain itu anda juga bisa menikmati pemandangan bukit pasir dari ketinggian di dek observatori di area Visitor Center & Sakyu Center. Di Sakyu Center juga terdapat fasilitas lift kursi yang terhubung dengan area bukit pasir apabila ingin melihat pemandangan bukit pasir dari ketinggian dengan lebih jelas. Anda juga bisa beristirahat di restoran yang tersedia atau membeli souvenir produk – produk khas area San’in.

Tidak ingin naik unta? Tenang yuk coba berselancar pada bukti pasir ini. Tidak kalah seru lho!
Credits : JNTO

Berjalan santai pun sangat menyenangkan!
Credits : JNTO

Sedikit berjalan dari Visitor Center, anda akan menemukan Museum Pasir yang sengaja dibangun dengan tujuan untuk menampilkan kesenian patung – patung pasir berukuran besar yang dibuat oleh para seniman dari seluruh dunia. Kesenian yang ditampilkan pun berbeda setiap tahunnya mengikuti tema tertentu. Museum buka di pertengahan April hingga awal Januari, setelah itu museum akan tutup dari awal Januari hingga pertengahan April guna mempersiapakan pergantian tema yang baru.

Credit : japan-guide.com

Nah, menarik bukan? Buat yang berencana mengunjungi bukit pasir Tottori disarankan memulai perjalanan dari Osaka karena lebih dekat dan masih terjangkau dengan kereta, lama perjalanan sekitar 2, 5 – 3 jam. Kereta menuju Tottori dari Osaka dicover sebagian oleh JR Pass All Area, untuk opsi pass kereta yang mengcover seluruh perjalanan bisa menggunakan JR Kansai Wide Area Pass atau JR Sanyo San’in Area Pass.

Credits : JNTO

Related post

  1. Berkunjung ke Kyoto Tahun Ini? J…
  2. Kunjungi Robot Restoran Anti-Mai…
  3. Kemegahan Dinding Salju Raksasa …
  4. Tips. Kalimat untuk Berbelanja d…
  5. 7 WISATA EDUKASI DI JEPANG YANG …
  6. Menikmati Gunung Fuji dari Araku…
  7. 8 TEMPAT TERINDAH DI JEPANG YANG…
  8. Puas Berlayar di Danau Ashi dan …

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP