Panduan Wisata

Jelajahi Dunia Anime & Manga Detektif Conan!

Siapa sih pecinta komik & anime Jepang dari tahun 90an yang gak kenal dengan komik Detektif Conan? Komik yang menceritakan tentang detektif muda berbakat Shinichi Kudo yang mengecil karena obat misterius sehingga terpaksa berpura-pura menjadi anak kecil bernama Conan Edogawa dan perjalanannya dalam upaya mencari cara kembali ke tubuh aslinya ini tanpa terasa sudah berusia 26 tahun loh. Di Jepang sendiri komik ini sudah dipasarkan juga dalam berbagai bentuk, mulai dari serial anime, beberapa versi film di bioskop, live-action drama, merchandise, game, bahkan ada kota di Jepang yang khusus dibuat dengan tema Detektif Conan. Penasaran? Mari jalan-jalan ke kota Conan di Hokuei!

Hokuei merupakan kota kecil yang berlokasi di prefektur Tottori, Chugoku. Asal muasal kota ini disulap menjadi Kota Conan adalah sebagai bentuk apresiasi untuk Aoyama Gosho, pengarang dari komik Conan yang lahir di kota ini. Peresmian kota Hokuei menjadi kota Conan dilakukan pada tanggal 15 Desember 2013.

Conan Edogawa & Ran Mouri
Credits : www.tokyocreative.com

 

Credit : the-wadas.com

Kota ini bisa dibilang surga nya penggemar Detektif Conan. Mulai dari museum hingga patung-patung Detektif Conan yang tersebar di seluruh penjuru kota bisa kita temukan dengan mudah. Bahkan untuk transportasi kereta ke kota ini pun ada disediakan kereta khusus bertema Detektif Conan. Seperti namanya, interior kereta ini penuh dihiasi dengan ilustrasi Detektif Conan. Kereta tematik ini beroperasi di sepanjang jalur JR San-In pada jam-jam tertentu saja mulai dari stasiun Kurayoshi di Tottori menuju stasiun Yura. Untuk naik kereta ini pun bisa tercover oleh JR Pass.

Kereta Detektif Conan
Credit: www.asahicom.jp

Setiba di stasiun Yura, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Stasiun Detektif Conan, anda akan langsung dimanjakan dengan berbagai toko yang menjual pernak-pernik Detektif Conan yang hanya dijual di area ini saja. Keluar dari stasiun pun anda akan langsung disuguhi pemandangan berbagai patung karakter Detektif Conan dengan pose – pose klasik yang pastinya membuat penggemar jadi terkenang akan adegan – adegan dari komik tersebut.

Stasiun Yura
Credit: commons.wikimedia.org

 

Lucu ya tangganya!
Credit: www.tokyocreative.com

Tempat utama yang tentunya tidak boleh dilewatkan di kota ini adalah Museum Aoyama Gosho. Museum Aoyama Gosho ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 15 – 20 menit dari stasiun kereta. Di dalam museum ini tidak hanya anda bisa mengetahui tentang sejarah hidup pengarang komik tersebut, anda juga bisa melihat proses bagaimana cerita Detektif Conan pertama diciptakan serta melihat draft asli dari seri tersebut juga melihat tampilan ruang kerja sang pengarang.

Museum Aoyama Gosho
 Credit : matcha-jp.com

 

Credit : www.tokyocreative.com

 

Credit : www.tokyocreative.com

Salah satu karakter di komik DC yang dari awal diperkenalkan membantu Conan adalah seorang profesor yang tinggal di sebelah rumah Conan bernama Profesor Hiroshi Agasa. Karakter profesor ini digambarkan selalu membantu Conan dengan membuatkan penemuan-penemuan yang unik, nah di museum ini kita bisa nih merasakan pengalaman mencoba beberapa “penemuan-penemuan” tersebut secara langsung di kehidupan nyata, seperti menaiki simulasi papan luncur Turbo atau mencoba berbicara dengan suara berbeda menggunakan dasi kupu-kupu pengubah suara. Anda juga bisa merasakan langsung pengalaman mencoba beberapa trik yang muncul di komik di beberapa sudut bagian museum, menonton pertunjukkan Detektif Conan dalam berbagai bahasa, dan masih banyak lagi. Terdapat juga toko souvenir di museum ini yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh ataupun koleksi pribadi. Harga masuk museum ini bervariasi disesuaikan dengan umur pengunjung dengan biaya untuk dewasa JPY 700/orang.

Simulasi dasi kupu-kupu pengubah suara
 Credit : matcha-jp.com

10 menit jalan kaki dari Museum Aoyama Gosho, anda bisa menemukan Conan’s House Beika Shopping Street. Di sini kita bisa menemukan kafe kopi Poirot yang terinspirasi dari kafe yang ada di komik, juga terdapat Conan’s House Bakery, Conan Gelato Store, hingga Conan Department Store yang juga menjual lebih banyak lagi merchandise unik bertema Conan, pokoknya dijamin penggemar Detektif Conan bakalan betah berlama-lama di kota ini.

Conan’s House Beika Shopping Street
 Credit : matcha-jp.com

 

Credit : matcha-jp.com

 

Credit : matcha-jp.com

Yang mau mengunjungi kota ini dari Tokyo disarankan masuk dari bandara Tottori terlebih dahulu baru dilanjutkan kereta atau bus menuju Hokuei untuk menghemat waktu karena jaraknya cukup jauh bila menggunakan kereta Shinkansen sekalipun, estimasi bisa hampir 6 jam kalau naik kereta dan harus ganti kereta beberapa kali. Kalau mulai dari Osaka masih lebih memungkinkan untuk menggunakan kereta dengan total lama perjalanan sekitar 3.5 – 4 jam.

Ngaku penggemar Detektif Conan? Next time ke Jepang jangan lupa berkunjung ke Kota Conan di Hokuei ya!

 

Related post

  1. KEUNIKAN BUKIT PASIR TOTTORI
  2. REKOMENDASI SPOT WISATA PREFEKTU…
  3. Promo Wendy Tour Juni 2018
  4. Liburan Singkat Tapi Puas Di Jep…
  5. Travelling Di Jepang Jadi Lebih …
  6. Yuk Pelajari Tata Krama & B…
  7. Promo Wendy Tour : Gratis !! Dap…
  8. Menatap Gunung Fuji Dari Atas La…

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP