Informasi

10 HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN SAAT MENGGUNAKAN SUMPIT DI JEPANG

Seperti yang kita tahu, sumpit merupakan alat makan utama di Jepang. Memakai sumpit mungkin terlihat mudah, namun, menggunakan sumpit di Jepang ada tata caranya ya! Jepang memiliki etika dan peraturan tersendiri mengenai tata cara penggunaan sumpit yang cukup berbeda dari negara lainnya. Walaupun peraturan ini bukan merupakan peraturan tertulis, tetapi kalian wajib mengetahui hal-hal ini. Yuk kita bahas satu persatu!

1. Sashi-bashi

Sashi-bashi
Credit by : Flickr

 

Sashi-bashi adalah menusuk makanan dengan sumpit. Jangan mempergunakan sumpit sebagai pengganti garpu. Tidak disarankan untuk menusukkan sumpit ke makanan meskipun tekstur makanan itu agak licin. Tindakan ini dianggap tidak sopan karena teman-teman dianggap tidak menghormati makanan. Selain itu teman-teman juga tidak diperbolehkan menunjuk seseorang dengan sumpit, dan melambaikan sumpit saat anda berbicara.

 

Menunjuk teman dengan menggunakan sumpit
Credit by : Ikidane Nippon

 

2. Yose-bashi

Yose-bashi
Credit by : Spot Japan

 

Yose-bashi adalah memindahkan mangkuk, piring, atau nampan makanan menggunakan sumpit. Tindakan ini dianggap kurang sopan karena dapat menyebabkan makanan tumpah, dan menghasilkan suara yang tidak enak didengar. Jangan menggeser makanan di piring dengan sumpit ya teman-teman. Sebaiknya gunakan tangan untuk mendekatkan piring berisi makanan tersebut ke arah anda.

3. Watashi-bashi

Watashi-bashi
Credit by : Ikidane Nippon

 

Watashi-bashi adalah meletakkan sumpit di atas mangkuk. Apabila teman-teman melakukan hal ini, maka teman-teman dianggap sudah selesai makan. Ketika selesai makan, usahakan untuk tidak meletakkan sumpit di atas mangkuk atau piring. Anda bisa menaruhnya di tatakan sumpit atau di tepi ujung nampan.

 

Letakkan sumpit di tatakan sumpit
Ccredit by : Heretoke

 

4. Neburi-bashi

Neburi-bashi
Credit by : Ikidane Nippon

 

Neburi-bashi adalah menjilat sumpit. Saus makanan tertentu masih melekat di sumpit anda, dan reaksi alami teman-teman adalah menjilat ujung sumpit. Jangan dilakukan ya! Hal ini dianggap tidak sopan.

5.  Utsushi-bashi

Utsushi-bashi
Credit by : JPvisitor

 

Utsushi-bashi adalah mengoper makanan ke teman anda menggunakan sumpit. Jangan mengoper makanan antar sumpit. Hal tidak sopan karena hanya dilakukan di pemakaman saat memindahkan tulang-belulang orang yang meninggal. Apabila anda ingin mengoper makanan ke teman anda, anda dapat meletakkan makanan tersebut ke dalam piring teman anda.

6. Saguri-bashi

Saguri-bashi
Credit by : Japan Walker

 

Saguri-bashi adalah mengaduk sup atau mengaduk makanan menggunakan sumpit. Hindari mengaduk-aduk isi piring atau mangkuk seperti mencari sesuatu di dalamnya. Tidak hanya merusak penampilan masakan, tapi juga akan menyinggung perasaan koki yang telah bersusah payah menghias masakan.

7. Mayoi-bashi

Mayoi-bashi
Credit by : Hanko seal

 

Mayoi-bashi adalah memindahkan sumpit di sekiar piring, karena tidak bisa menentukan mana yang harus dimakan terlebih dahulu. Ketika makanan sudah siap di meja anda, hindari gerakan melayang-layangkan sumpit di atas piring atau mangkuk. Hal ini dianggap tidak sopan karena teman-teman dianggap terlalu pemilih dengan makanan

8. Namida-bashi

Namida-bashi
Credit by : Wikipedia

 

Ketika teman-teman mencelupkan makanan ke dalam saus atau cairan lainnya, pastikan tak ada cairan yang akan menetes dari makanan ketika akan memasukkannya dalam mulut. Selain merupakan perilaku buruk, tetesan tersebut dapat jatuh ke makanan lain, hal ini juga dapat mengotori meja makan.

9. Tate-bashi

Tate-bashi
Credit by : Ikidane Nippon

 

Tate-bashi adalah menancapkan sumpit tegak di tengah mangkuk nasi. Berdasarkan budaya di Jepang, ketika seseorang meninggal dunia, pihak keluarga akan menyajikan semangkuk nasi putih dengan sumpit yang ditancapkan tegak di tengah mangkuk. Jika dilakukan di luar ritual pemakaman, menurut kepercayaan masyarakat Jepang, hal ini dapat mendatangkan keburukan.

10. Kaki-bashi

Kaki-bashi
Credit by : Ikidane Nippon

 

Mengangkat mangkuk nasi saat makan memang diperbolehkan dalam budaya Jepang. Namun, hal ini dapat menjadi sebuah perilaku buruk jika mangkuk tersebut menempel pada mulut dan anda menggunakan sumpit untuk mendorong makanan masuk ke dalam mulut secara cepat.

Nah, bagi teman-teman yang ingin berkuliner di Jepang, alangkah baiknya menerapkan aturan tersebut ya!

INFO PRODUK:

1033455Boeing-777-ANA780x390

Tiket Pesawat

button
Cari tiket pesawat menuju Jepang dengan harga terjangkau, Read more…
WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

 

free-wifi-router_web_banner

Wifi Router Rental

button
Akses internet di Jepang dengan cepat dengan harga hemat ? Yuk sewa Wifi Router di Wendy Tour yang bisa kamu bawa langsung dari Indonesia, Read more…
WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

 

fuji 1 DAY MT. FUJI & KAWAGUCHIKO TOUR BY LIMON BUS button

Nikmati liburan melalui perjalanan darat dengan menggunakan bus yang menyenangkan selama 1 hari. Perjalanan di mulai dari Tokyo Ikebukuro Sunshine Bus Read more…

WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

 

 

Related post

  1. Awas Heat Stroke! Akibat Panasny…
  2. Bendera Peringatan Tsunami di Je…
  3. JAL Airlines – Fuel Surcharge
  4. PENURUNAN JUMLAH PENGGUNA KERETA…
  5. Pergerakan Sosial di Jepang Meni…
  6. (Info) Perubahan Jam Operasional…
  7. Akhirnya “Dinding Salju Ra…
  8. Produk Baru: Ikuti Serunya Mengu…

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP