Musim Gugur

Tsukimi: tradisi di Jepang saat musim gugur

Jepang adalah salah satu negara yang mempunyai 4 musim. Setiap musimnya pasti memiliki suasana, ciri khas, dan keindahan yang berbeda-beda. Selain musim semi yang pas untuk melihat bunga sakura, musim gugur juga sangat cocok untuk kamu yang berencana liburan ke Jepang. Sepanjang jalan kamu akan disambut dengan pepohohan dengan daun yang berwarna merah.

Street walk in Autumn picture credit by flickr

Musim gugur berlangsung pada bulan September sampai November, saat musim ini sangat identik dengan musim yang romantis. Dengan daun-daun yang berwarna kuning, merah, hingga cokelat dipadukan dengan pemandangan yang sangat indah. Saat musim ini juga kamu bisa menikmati beberapa festival dan tradisi salah satu nya tradisi Tsukimi.

Moon in Autumn picture credit by flickr

Tsukimi berarti “melihat bulan” (tsuki berarti ‘bulan’, mi berarti ‘melihat’). Melihat bulan musim gugur, telah lama menjadi hobi populer di kalangan masyarakat setempat, secara tradisional ini juga merupakan cara untuk menyatakan rasa syukur atas panen yang baik seperti thanksgiving di Amerika dan Kanada.

Malam terbaik untuk melihat bulan atau Tsukimi biasanya di bulan September dan Oktober. Sejumlah acara pun akan diadakan mulai akhir bulan September hingga bulan berikutnya di kuil-kuil, taman, hingga fasilitas komersial yang ada di seluruh Jepang, dan berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Tokyo Tower

Tokyo Tower at night picture credit by flickr

Pada saat acara berlangsung, menara akan dinyalakan secara khusus, dan tangga luar 600-langkah yang mengarah ke geladak utama akan terbuka sampai pukul 10 malam. Bulan pertengahan musim gugur menerangi Tokyo Tower selama festival melihat bulan, kamu bisa mengunjungi menara observasi sambil menikmati dekorasi tsukimi tradisional seperti rumput pampas dan kue beras.

2. Kastil Himeji

Himeji Castle in Autumn picture credit by pixabay

Kastil terkenal yang terletak di Kota Himeji, Prefektur Hyogo ini akan mengadakan acara melihat bulan yang menampilkan pertunjukan Taiko drum dan pertunjukan artistik lainnya. Juga akan ada Tsukimi-dango, oden lokal, dan sake yang tersedia dan dapat dibeli, juga akan ada tempat-tempat untuk meminum teh dan kamu bisa mengambil gambar pemandangan astronomi melalui teleskop.

3. Tokyo Skytree

Night view Tokyo Skytree picture credit by pixabay

Night view Tokyo Skytree picture credit by needpix

Sejumlah acara melihat-bulan akan diadakan di Tokyo Skytree, termasuk pertunjukan musik jazz secara live. Tokyo Skytree akan mengadakan event untuk menyambut para pengunjung yang ingin melihan bulan dari menara ini. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bulan yang indah di musim gugur.

4. Sankeien Garden

Sankeien Garden in autumn picture credit by flickr

Salah satu taman di Yokohama ini akan memperpanjang waktu bukannya untuk acara di akhir bulan September dan menerangi bangunan bersejarahnya, juga akan ada pertunjukan musik dan tarian yang berbeda setiap hari di villa Rinshunkaku.

5. Kuil Ise

Ise Shrine picture credit by wikimedia

Kuil Ise yang terletak di Kota Ise, Prefektur Mie akan mengadakan acara melihat bulan dengan pembacaan puisi dan pertunjukan musik tradisional.

Nah kalo kamu merasa tertarik dan penasaran dengan festival dan tradisi musim gugur di Jepang ini, jangan lewatkan untuk menikmati tradisi Tsukimi di musim gugur ini ya! Sampai berjumpa di musim gugur!

Related post

  1. Resort Minori Train : Indahnya N…
  2. Jangan Lewatkan Mt. Fuji Interna…
  3. Shirakawago, Pedesaan Tradisiona…
  4. Trik Jitu Liburan ke Jepang Saat…
  5. Berbagi Pengalaman Seru Ikut Lom…
  6. Resort Shirakami Train : Pertunj…
  7. Ayo Berburu Momiji di Prefektur …
  8. Fujisan Marathon!! 7th Annual Mt…

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP