Informasi

5 Masjid yang bisa kamu kunjungi saat Liburan ke Jepang

Hai teman-teman!

Setiap tahun wisatawan yang berlibur ke Jepang terus bertambah, tidak terkecuali wistawan muslim yang ingin meng-explore negara sakura itu. Untuk mengimbangi wisatawan muslim khusus nya di kota Tokyo jumlah fasilitas yang menawarkan makanan halal, ruang sholat, dan layanan lainnya untuk wisatawan muslim juga meningkat.

Di Tokyo banyak fasilitas masjid dan ruang sholat bagi umat Islam di Jepang. Tapi, sebagian besar dari fasilitas itu terletak relatif jauh dari daerah wisata. Karena tempat-tempat ini dibuat hanya untuk penggunaan sehari-hari komunitas Muslim lokal, biasanya terletak di daerah perumahan dan sangat jauh untuk menjangkaunya dari pusat kota.

Nah karena itu berikut merupakan 5 masjid di Tokyo yang terletak di dekat area wisata populer seperti Asakusa, Ueno, dan Shibuya.

1. Masjid Assalam Okachimachi Mosque di Ueno

Okachimachi Mosque Assalaam picture credit by halalmedia.jp

Inside Okachimachi Mosque Assalaam picture credit by halalmedia.jp

Masjid Assalam Okachimachi dikelola oleh As-Salaam Foundation, yaitu pusat komunitas Muslim. Masjid ini bisa kamu jangkau dengan berjalan kaki berjarak sekitar sebelas menit dari Stasiun Ueno.

Bangunannya memiliki dua fungsi yang berbeda, di lantai pertama, digunakan sebagai pusat komunitas untuk pertemuan mingguan dan kegiatan komunitas Muslim setempat. Lantai kedua digunakan untuk ruang beribadah bagi pengunjung dan Muslim setempat. Bangunan ini juga memiliki perpustakaan dan ruang belajar dengan koleksi buku-buku Islam yang sangat beragam.

2. Masjid Darul Arqam di Asakusa

Masjid Darul Arqam picture credit by wikimedia.org

Masjid Darul Arqam terletak bisa kamu jangkau dengan berjalan kaki dari Kuil Sensoji, Asakusa. Masjid ini mempunyai empat lantai, termasuk perpustakaan di lantai dasar yang digunakan untuk pusat komunitas Muslim. Bangunan ini didirikan pada tahun 1998 sebagai bagian dari proyek pembangunan masjid yang dilakukan oleh Islamic Circle of Japan, yaitu sebuah organisasi Islam terkenal.

Letak nya yang berada di Asakusa membuat Masjid ini tidak sepi pengunjung untuk beribadah, karena dekat dengan tempat-tempat wisata seperti Kuil Sensoji dan Tokyo Skytree.

3. Masjid Otsuka di Ikebukuro

Masjid Otsuka picture credit by wikimedia.org

Kamu yang sedang berada di Ikebukuro bisa beribadah disini. Letaknya sekitar 5 menit dengan berjalan kaki dari Otsukaekimae Station, cukup dekat bukan? Awal didirikannya pada 1970an sampai 80an karena ada kekurangan bangunan keagamaan bagi umat Islam yang tinggal di Tokyo. Masjid ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan akomodasi anggota komunitas Muslim yang tinggal di pusat kota Tokyo dan dioperasikan oleh Japan Islamic Trust. Masjid Otsuka secara resmi dibuka untuk umum pada 4 Februari 2000, dan berfungsi sebagai pusat kegiatan Muslim seperti seminar, seri kuliah Islam, dan kelas bahasa Arab.

4. Arabic Islamic Institute dekat Roppongi 

Masjid Hiroo – Arabic Islamic Institute picture credit by today.line

Masjid Hiroo, atau Institut Islam Arab di Tokyo, terletak di Minato Tokyo. Jaraknya hanya 10 menit berjalan kaki dari Roppongi Hills. Masjid ini berada didalam gedung Institut Islam Arab, yaitu bangunan budaya yang terletak disalah satu area distrik Internasional Tokyo. Bukan hanya lembaga keagamaan, Arab Islamic Institute Tokyo adalah pusat budaya Arab. Selain memenuhi kebutuhan ruang ibadah, tempat ini berkontribusi untuk memperdalam pemahaman budaya Arab di Tokyo. Salah satu kegiatannya adalah melibatkan sekolah, budaya dan bahasa Arab, yang terletak di gedung yang sama.

5. Tokyo Camii di Shibuya

Masjid Tokyo Camii picture credit by wikimedia.org

Mimbar Tokyo Camii picture credit by flickr

Kubah Tokyo Camii picture credit by wikimedia.org

Tokyo Camii adalah Masjid yang populer di Tokyo, karena lokasi nya yang strategis dari area pusat di Tokyo seperti Shibuya, Harajuku, Shimokitazawa, dan lainnya. Masjid ini juga yang terbesar lho di Jepang!

Tahun 1938 Masjid ini dibangun oleh komunitas imigran Turki dari Kazan-Rusia. Masjid Tokyo Camii digunakan sebagai pusat budaya Turki. Tidak hanya masjid terbesar di Jepang, tetapi bisa dibilang juga yang paling indah karena dipengaruhi oleh arsitektur Ottoman, menyerupai Masjid Sultan Ahmed yang terkenal, atau Masjid Biru di Turki, dengan kubahnya yang mengesankan dan menara tinggi.

Jadi, Wisatawan Muslim ke Jepang tidak perlu takut untuk melewatkan waktu sholat selama berada di Tokyo. Ingat kamu bisa mengunjungi salah satu masjid di Tokyo, baik untuk sholat rutin atau sebagai bagian dari perjalanan Anda di Jepang.

Nahhh semoga informasi diatas bisa membantu kamu untuk melakukan ibadah yaa!!

Related post

  1. The Diamond Route Japan : Berlia…
  2. Mudah Dan Nyaman Dengan Tokyo Ai…
  3. Info Jadwal Libur Sanrio Purolan…
  4. Berkunjung ke Kyoto Tahun Ini? J…
  5. Pertimbangan Pencabutan Keadaan …
  6. Penting! Cara Memesan Shinkansen…
  7. 5 Hal Menarik Rayakan Valentine …
  8. Jadwal Sakura di Jepang 2020!

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP