Informasi

Liburan Ke Jepang membawa Sepeda? Tidak Perlu Khawatir, berikut Tipsnya!

Jepang adalah salah satu negara modern dengan banyak moda transportasi. Tetapi masih banyak masyarakatnya yang menggunakan sepeda sebagai alat tranportasi seperti untuk pergi ke tempat bekerja, sekolah ataupun berbelanja. Mulai dari tua, muda, hingga anak-anak yang bersepeda masih banyak bisa kita jumpai disana. Bagi kalian yang mencari suasana atau cara berlibur menikmati kota-kota di Jepang dengan bersepeda berkeliling kota bisa menjadi hal yang menarik, apalagi bisa membawa sepeda kesayangan kalian. Berikut tips membawa sepeda ke Jepang dari tanah air!

1. Pilihlah jenis sepeda yang mudah untuk dibawa

Folding Bike

 

Pada dasarnya sepeda memiliki banyak tipe seperti road bike, mountain bike, dan sepeda lipat. Memilih sepeda lipat akan jadi hal yang tepat karena sangat mudah untuk dibawa kemanapun. Jika dimasukan ke bagasi pesawat tidak memakan bagasi yang cukup besar. Biasanya sepeda lipat memiliki maksimal Panjang + Lebar + Tinggi = 158 cm dan beratnya pun tidak sampai 23kg. Karena pada umumnya beberapa airlines memberikan maksimal berat bagasi 30kg per orang atau 23kg per koper.

2. Menggunakan koper atau rinko (tas) khusus sepeda

Koper bike

 

Rinko

 

3. Menghubungi maskapai penerbangan yang kalian gunakan

Proses check-in

 

Sebelum melakukan perjalanan ke Jepang dengan membawa sepeda kami sarankan agar kalian menghubungi pihak maskapai yang kalian gunakan 1-2 minggu sebelum keberangkatan. Kalian hanya perlu menginformasikan kode booking dan tanggal perjalanan kalian. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pada saat check-in di airport. Biasanya pihak maskapai juga memberikan ukuran bagasi yang diperbolehkan di website mereka.

4. Membawa Surat Pemberitahuan Membawa Barang (SPMB) di bandara keberangkatan

SPMB Airport

 

Untuk kalian yang memiliki sepeda lipat yang berharga mahal ada baiknya mengurus Surat Pemberitahuan Membawa Barang (SPMB). Kalian bisa mengurus surat ini di bagian bea dan cukai bandara. Petugas akan meminta kalian mengisi formulir serta menyerahkan foto copy tiket dan paspor lalu menginformasikan barang bawaan kalian. Tujuannya adalah agar pada saat kalian kembali bisa sebagai bukti bahwa sepeda itu kalian bawa dari tanah air dan tidak dikenakan pajak karena bukan barang yang kalian beli dari Jepang. Proses ini biasanya bisa memakan waktu sampai 1 jam. Jadi, kalian harus menyesuaikan dengan waktu check ini kalian ya agar tidak tertinggal penerbangan. Tenang saja! Untuk mengurus surat ini tidak dikenakan biaya kok.

5. Tetaplah mematuhi peraturan dasar bersepeda di jepang

Tempat parkir sepeda

 

Walaupun hanya mengendarai sepeda di Jepang banyak sekali hal yang harus kalian perhatikan yaitu seperti berjalan jalur khusus sepeda, memakai helm, parkir di tempat khusus sepeda, dan tidak mengganggu pengguna jalan lain. Jika hal ini tidak kalian perhatikan maka akan ada sanksi denda jika ada yang melanggarnya. So, tetap patuhi ya..!

6. Bersepedalah di musim semi atau musim gugur

Sepeda di musim semi

 

Seperti yang kita ketahi Jepang memilik berbagai musim seperti musim dingin, musim panas, musim gugur dan musim semi. Cuaca yang sangat cocok untuk bersepada adalah pada saat musim semi atau gugur. Hal ini di karenakan banyak pemandangan menarik yang bisa kalian lihat pada musim tersebut. Cuaca yang bagus ini akan memberikan pengalaman yang sangat menarik.

Itu adalah beberapa tips jika kalian ingin bersepeda di Jepang. bersepeda juga bisa membuat kalian tetap sehat dan semangat saat libutan. Selain itu kalian juga lebih hemat dalam menggunakan tranportasi umum. Sebenarnya masih banyak hal-hal yang menarik untuk dibahas saat bersepada di jepang seperti tempat yang cocok untuk bersepeda. Kita akan bahas di artikel berikutnya ya..

 

INFO PRODUK:

1033455Boeing-777-ANA780x390

Tiket Pesawat

button
Cari tiket pesawat menuju Jepang dengan harga terjangkau, Read more…
WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

 

free-wifi-router_web_banner

Wifi Router Rental

button
Akses internet di Jepang dengan cepat dengan harga hemat ? Yuk sewa Wifi Router di Wendy Tour yang bisa kamu bawa langsung dari Indonesia, Read more…
WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

 

Related post

  1. Berbagi Pengalaman Seru Ikut Lom…
  2. Japan Airlines (JAL) Pindah Bero…
  3. Universal Studios Japan™ Countdo…
  4. Joyful Trains: High Rail 1375, J…
  5. Kenal Lebih Dekat : Instrumen Tr…
  6. TOKYO DISNEY MULAI DI BUKA KEMBA…
  7. Tempat Keren Lokasi Syuting MV N…
  8. PROTOKOL BARU DI JEPANG PADA SAA…

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP