Informasi

GOLD LEAF: KANAZAWA’S LUXURY ART

Jepang memilik banyak variasi kesenian tradisional yang sangat mereka banggakan dan juga menarik untuk diketahui.  Salah satu area yang terkenal dengan kesenian tradisional nya adalah prefektur Ishikawa, tepatnya di kota Kanazawa. Kanazawa sendiri memiliki banyak jenis kesenian namun kali ini kita akan berkenalan lebih jauh dengan kesenian yang merupakan ciri khas dan juga simbol dari Kanazawa, yaitu Gold Leaf.

Gold Leaf, yang berarti lembaran emas, adalah kesenian emas dimana emas asli dipukul-pukul dengan palu hingga berbentuk lembaran emas tipis. Kesenian ini sudah dimulai dari sejak 400 tahun yang lalu, sebelumnya kota Edo (saat ini dikenal Tokyo) dan kota Kyoto juga bisa memproduksi Gold Leaf, namun seiring berjalannya waktu, saat ini hanya tinggal Kanazawa yang masih memproduksi kesenian ini dan sekarang menjadi tempat produksi utama, hal ini juga berhubungan dengan kualitas air dan tingkat kelembapan di Kanazawa yang sempurna untuk menghasilkan Gold Leaf.

Proses pembuatan Gold Leaf ini dimulai dengan bloke emas padat 24 karat, emas ini akan dilebur terlebih dahulu dengan sedikit tambahan perak dan tembaga di suhu 1,300 derajat. Lelehan emas ini akan dibentuk memanjang dan dipotong – potong kecil kurang lebih 6 cm, potongan ini disebut “koppe”.

CREDIT PIC: JNTO

Koppe emas ini nantinya akan dijepit oleh lembaran kertas zumiuchigami, yaitu kertas khusus yang juga melalui proses sedemikan rupa untuk mendapatkan kertas berkualitas tinggi yang tipis namun juga tahan lama. Koppe emas dan kertas ini akan dipalu berkali – kali selama beberapa hari dan juga akan melalui proses pelapisan beberapa kali ke ukuran kertas yang akan semakin membesar, hasil akhir nya akan berbentuk lapisan emas super tipis.

Credit pic: https://kanazawa-travel.com

CREDIT PIC: JNTO

Lapisan emas ini lah yang nantinya akan dibuat menjadi hiasan untuk berbagai produk, mulai dari kipas, gantungan kunci, gelas, mangkuk, sumpit, sendok, dan banyak lagi hiasan lainnya. Salah satu hiasan Gold Leaf yang paling terkenal adalah yang menghiasi Kuil Kinkakuji di Kyoto.

Credit pic: www.ana-cooljapan.com

CREDIT PIC: JNTO

CREDIT PIC: JNTO

Kuil Kinkakuji (CREDIT PIC: www.japan-guide.com)

Selain untuk hiasan aksesori dan dekorasi interior, Gold Leaf ini juga bisa ditemukan sebagai hiasan makanan di Kanazawa, seperti topping es krim, topping teh, sirup, kue-kue, dan makanan-makanan lainnya. Kita juga bisa menemukan produk – produk perawatan kulit yang berhiaskan Gold Leaf, seperti essence, toner, serum, sheet mask, dan masih banyak lagi variasi – variasi produk lainnya yang memakai Gold Leaf di Kanazawa.

Gold Leaf Ice Cream (credit pic: kaname-inn.com)

Gold Leaf Skincare Product (credit pic: www.ana-cooljapan.com)

Gold Leaf Sheet Mask (credit pic: www.ana-cooljapan.com)

Apabila tertarik mencari tahu mengenai Gold Leaf di Jepang, saat ke Kanazawa kita bisa mengunjungi Museum Gold Leaf Kanazawa Yasue untuk melihat display mesin yang dipakai saat pembuatan Gold Leaf dari sejak jaman dulu hingga sekarang. Anda juga bisa berjalan-jalan ke distrik Higashi Chaya yang terletak tidak jauh dari museum, dimana anda bisa mengunjungi toko – toko yang menjual hasil kerajian Gold Leaf atau juga menikmati wisata kuliner es krim Gold Leaf. Selain itu anda bisa juga mencoba untuk membuat hiasan sendiri dengan Gold Leaf.

CREDIT PIC: JNTO

Jadi, tunggu apalagi? Yuk menjelajah keindahan Gold Leaf di kota Kanazawa!

Source: https://en.japantravel.com/ishikawa/kanazawa-gold-leaf-production/28987

Related post

  1. Pemberhentian Sementara Hakone R…
  2. Perayaan Tahun Pertama Moominval…
  3. Mengunjungi pulau berhantu di Pu…
  4. Grinpa Amusement Park! Wajib Dik…
  5. SINGAPORE AIRLINES – ALL I…
  6. Pertimbangan Pencabutan Keadaan …
  7. Belanja Hemat di Toko Serba 100 …
  8. MAKANAN FERMENTASI YANG ENAK DAN…

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP