Informasi

NOTO RAILWAY: KEINDAHAN SINGKAT YANG TIDAK TERLUPAKAN

Sebagai salah satu negara dengan sistem transportasi umum terbaik di dunia, Jepang sudah tidak diragukan lagi untuk fasilitas transportasinya, terutama moda transportasi kereta. Dengan berbagai tema & bentuknya yang bervariasi di setiap area, kereta – kereta di Jepang banyak juga yang dijadikan sebagai atraksi wisata untuk wisatawan, salah satunya adalah kereta Noto Railway.

Noto Railway, atau Kereta Api Noto, adalah jalur kereta api pendek yang membentang sepanjang teluk Nanao di daerah Noto Peninsula, prefektur Ishikawa. Jalur kereta api ini hanya melewati 8 stasiun kereta saja. Yang spesial dari jalur kereta ini adalah karena kereta di rel ini dikhususkan sebagai sightseeing train (kereta wisata) untuk menikmati pemandangan laut & pedesaan di sepanjang teluk Nanao.

Kereta wisata di rel ini bernama Satoyama Satoumi Line. Kereta ini hanya memiliki 2 gerbong saja. Fitur utama dari kereta ini tentunya adalah jendela kereta nya yang besar sehingga penumpang bisa melihat pemandangan dengan leluasa. Untuk tempat duduk dalam kereta ini mayoritas berbentuk 2 sofa yang saling berhadapan dengan meja panjang di antaranya. 1 sofa bisa untuk 2 – 3 orang. Ada juga beberapa kursi yang dibuat khusus untuk menghadap langsung ke arah jendela.

 

Interior kereta.
Credit by : japantravel.com

 

Comfortable sofa while enjoying the view.
Credit by : japantravel.com

 

Dalam sehari ada 3 jadwal keberangkatan dan lama perjalanan berdurasi kurang lebih 40 menit. Di dalam kereta kita bisa nih menikmati makanan ringan dan minuman seperti kopi atau teh, tinggal memesan saja kepada petugas kereta, jadi penumpang tidak hanya sekedar memanjakan mata saja, mulut pun juga ikut dimanjakan.

 

Salah satu petugas kereta yang mengumumkan tempat-tempat yang dilewati.

 

Kereta terkadang berhenti di stasiun tertentu untuk istirahat pendek, penumpang kereta diperbolehkan turun melihat-lihat dan bisa juga berfoto-foto. Diantara 6 stasiun yang dilewati oleh kereta ini, ada satu stasiun yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi terutama di musim semi, yaitu stasiun Noto-Kashima. Stasiun Noto-Kashima juga dijuluki “stasiun Noto-Sakura” dikarenakan keindahan barisan 100 pohon sakura yang bermekaran di sekitaran stasiun ini dan juga posisinya yang seolah membentuk terowongan di kiri kanan rel.

 

Short break.
Credit by : japantravel.com

 

Keindahan sakura di stasiun Noto-Kashima.
Credit by : japantravel.com

 

Biaya menaiki kereta wisata ini dibedakan antara naik saat hari biasa (tidak termasuk hari Rabu) atau naik saat akhir pekan dan hari libur nasional Jepang bisa juga berlaku di hari –hari tertentu). Rute hari biasa disebut juga “Casual Course”, biaya regular JPY 830/orang
beserta tambahan biaya JPY 300 untuk layanan petugas di dalam kereta. Untuk rute Casual Course tidak perlu dilakukan reservasi sebelumnya.

Sementara untuk rute di akhir pekan/tanggal merah disebut “Yuttari Course / Relax Course”, penumpang bisa melakukan pembookingan kursi terlebih dahulu seharga JPY 1,500 untuk orang dewasa. Di dalam rute ini penumpang juga bisa memilih 2 set menu, antara “Sweet Set” di harga JPY 3,000 atau opsi “Sake Set” seharga JPY 3,500. Dari kedua set ini penumpang juga akan mendapat souvenir tambahan untuk dibawa pulang. Di hari Yuttari Course berjalan, maka Casual Course tidak akan beroperasi.

 

Petugas kereta menyambut saat naik dan turun kereta.
Credit by : japantravel.com

 

Apabila dari Tokyo atau Osaka, stasiun kereta terdekat untuk mulai menaiki kereta ini adalah dari stasiun Nanao. Untuk perjalanan kereta menuju stasiun ini berdurasi kurang lebih 4 jam perjalanan baik dari Tokyo atau Osaka dan dicover oleh JR Pass. Opsi lainnya bisa juga menginap terlebih dahulu di Kanazawa supaya lebih dekat ke stasiun Nanao.

Menarik bukan? Next time bisa nih dijadikan referensi tempat baru untuk dikunjungi, nantikan info tempat wisata menarik di Jepang lainnya dari kami ya..

Source: https://en.japantravel.com/ishikawa/nostalgia-noto-railway/27146

https://wow-j.com/en/Allguides/other/sightseeing/00352_en/

 

INFO PRODUK:

660 x 400 JR PASS button

Japan Rail Pass atau biasa disebut JR Pass adalah tiket terusan kereta yang dapat anda gunakan untuk naik kereta atau bus milik Japan Railway Group tanpa terbatas selama  Read more…

WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

 

Related post

  1. Jangan Lewatkan Mt. Fuji Interna…
  2. Sempat ditutup sementara, Univer…
  3. WISATA SHIODAWARA CLIFFS, BAGUS …
  4. GUNUNG KOYA, SALAH SATU DESTINAS…
  5. Universal Studio Jepang Kembali …
  6. (UPDATE) Info Gala Yuzawa – 12 D…
  7. Senang atau Sedih? Lebih Cepat D…
  8. Mengenal Pesona Kyushu Jepang Ba…

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP