Informasi

MARI MENGENAL 7 JENIS RAMEN YANG PALING POPULER & BANYAK DIGEMARI DI JEPANG

Ramen (ラ ー メ ン) adalah hidangan mie kuah yang awalnya diimpor dari China dan telah menjadi salah satu hidangan yang paling populer di Jepang dalam beberapa dekade terakhir. Restoran ramen dapat ditemukan di hampir setiap sudut negara dan menghasilkan variasi regional yang tak terhitung jumlahnya dari hidangan ini.

Makanan ini memang paling enak dinikmati saat cuaca dingin. Salah satu hal yang membuatnya digemari adalah selain rasanya yang enak, mie khas negeri sakura ini terdiri dari berbagai macam pilihan rasa dan beragam jenis ramen yang lezat.

Di Jepang sendiri ada sekitar 26 jenis ramen loh. Nah, bagi kamu yang mengaku pecinta ramen wajib tahu 7 jenis ramen yang paling umum serta paling populer dan banyak digemari yang sudah kami rangkum .

1. Shio

Shio Ramen

 

Ramen pertama di Jepang adalah Shio atau garam, ramen ini adalah ramen tertua di jepang mungkin jaman edo ya, rasanya lebih asin dari ramen yang lain sehingga bagi kamu yang menyukai asin pasti suka, kuahnya bening dan jernih ada potongan ayam, daun bawang dan potongan rumput laut. Mie yang digunakan untuk menyajikan shio ramen umumnya adalah mie tebal yang tidak keriting bentuknya lurus memanjang.

Kaldu biasanya terbuat dari kaldu ayam, tetapi juga dapat dibumbui dengan daging lainnya seperti daging babi. Topping yang digunakan dalam penyajiannya adalah potongan daging ayam, daun bawang, beberapa sayuran dan tak ketinggalan nori. Jika memiliki masalah dengan sodium, ini adalah jenis ramen yang harus kamu hindari.

2. Shoyu

Shoyu Ramen
Credit by : Flickr

 

Shoyu artinya saus kecap dalam bahasa Jepang. Ini adalah sajian ramen klasik yang ringan. Ciri khas dari ramen satu ini adalah kuahnya yang berwarna hitam kecoklatan yang cerah karena terbuat dari saus kecap, rasanya asin dan gurih. Sup biasanya terbuat dari kaldu ayam tetapi sering mengandung daging lainnya seperti daging babi, daging sapi atau ikan tergantung pada daerah.

Shoyu ramen adalah jenis yang paling umum dari ramen dan biasanya yang disajikan ketika menu tidak menentukan jenis sup tertentu. Mie yang digunakan adalah jenis mie yang lebih keriting dan tidak setebal mie jenis shio ramen. Topping paling umum yang disajikan shoyu ramen adalah rebung, nori, ikan kue, telur rebus, daun bawang dan juga taoge. Jika berada di Tokyo, Shoyu adalah ramen paling familiar yang kamu temukan.

3. Tonkotsu

Tonkotsu Ramen.
Credit by : Flickr

 

Ramen Tonkotsu, Ramen ini memang memiliki kuah yang terbuat dari tulang babi. Ciri khas ramen ini berwarna putih dengan tekstur yang kental. Kuahnya terbuat dari tulang babi yang direbus selama berjam-jam sehingga menghasilkan kaldu berlemak warna putih yang rasanya sangat gurih, jadi yang muslim jangan sampai salah ya pesan ramen, jangan yang Ramen Tonkotsu hihihi

Tonkotsu banyak digemari karena rasanya yang gurih dan lezat. Mie yang digunakan sama dengan mie pada shio ramen, dan biasanya ramen ini juga disajikan bersama beni shoga atau acar jahe.

4. Miso

Miso Ramen
Credit by : Unsplash

 

Miso ramen adalah sajian ramen berbeda dan umurnya tidak setua shio ramen serta shoyu ramen yang berasal dari Hokkaido. Ciri khas dari ramen ini memiliki kuah yang lebih kental berwarna kuning kecoklatan karena terbuat dari pasta miso yang dicampur dengan kaldu ayam atau ikan terkadang kaldu daging babi. Mie yang digunakan pun biasanya tebal, keriting dan tak terlalu kenyal.
Ramen ini telah menyebar di seluruh Jepang dan pastinya kamu dapat menemukan nya hampir di mana saja.

5. Ramen Kobe

Ramen Kobe
Credit by : Eatkobenight

 

Ramen Kobe yaitu ramen yang berasal dari kota Kobe karakter ramen di kobe ini disajikan dengan berlembar lembar irisan daging dan di lengkapi dengan asinan lobak dan sayuran kucai.

6. Ramen Hakodate

Ramen Hakodate.
Credit by : Flickr

 

Ramen dari daerah Hakodate memiliki rasa shio atau asin yang khas Hakodate. Yang menarik dari ramen ini adalah mengunakan bubuk keju sebagai penyedap ramen tersebut. Ramen ini rekomendasi paling atas dari daftar makanan jepang jenis ramen loh..

7. Ramen Kyoto

Ramen Kyoto
Credit by : Culture Trip

 

Yang terakhir adalah Ramen Kyoto, di Kyoto, cita rasa ramen cukup beragam, ada yang menggunakan rasa kecap asin, ada juga yang kuahnya berminyak dan sangat kental. Biasanya, ramen akan ditambahkan pelengkap seperti tauge serta irisan daging ayam.

Banyak juga kan jenis ramen jepang, jadi jangan salah kalau ramen di jepang tidak sama semua, setiap daerah mempunyai jenis ramen yang berbeda-beda.
Bagaimana, mungkin kamu pencinta ramen ingin langsung mencari tahu rasa ramen mana yang sesuai dengan selera kamu ?
Atau mungkin kamu yang sedang berencana liburan ke Jepang bisa mencoba langsung rasa ramen yang otentik dari masing-masing daerah yang kamu kunjungi juga.

 

INFO PRODUK:

 suica SUICA CARD button

Suica adalah kartu e-money yang digunakan sebagai pengganti tiket transportasi (kereta/subway/bus) & shopping yang dikeluarkan oleh JR East dan dapat diisi ulang. Cukup dengan melakukan deposit uang elektronik Read more…

WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

 

660 x 400 JR PASS button

Japan Rail Pass atau biasa disebut JR Pass adalah tiket terusan kereta yang dapat anda gunakan untuk naik kereta atau bus milik Japan Railway Group tanpa terbatas selama  Read more…

WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

 

 

Related post

  1. Mozu-Furuichi Kofun : Wisata Pil…
  2. Semakin Mudah! Peluncuran Kereta…
  3. Kabar Gembira! Hari Minggu, Wend…
  4. Suica Card Bikin Jalan-Jalan Mak…
  5. TURUN NYA JUMLAH TURIS ASING YAN…
  6. TIPS AKSES KERETA MENUJU DISNEY …
  7. THE (UN) POISONED FUGU OR PUTTER…
  8. JAL Airlines – Fuel Surcharge

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP