Informasi

5 tips yang wajib kamu lakukan saat menaiki Shinkansen!

Shinkansen (source: wikipedia.org)

Untuk solo travellers menggunakan public transport di Jepang dapat memiliki kesan tersendiri dan bisa menjadikannya sebuah pengalaman yang unik, salah satu nya menaiki shinkansen. Ya, kereta cepat ini sangat diminati oleh para solo travellers di dunia! Selain kecepatan sampai 300km/jam shinkansen juga memiliki ketepatan waktu yang sangat tepat lho. Berikut ini 5 tips jika teman-teman ingin menggunakan shinkansen sebagai transportasi antar kota!

  1. Menggunakan JR PASS

JR Pass (source: wikipedia.org)

Ticket shinkansen (source: wikipedia.org)

Jika teman-teman ingin berwisata lebih dari 7 hari dan ingin mengunjungi Kota yang sangat popular di Jepang seperti Tokyo, Osaka, dan Kyoto kalian wajib nih membeli JR Pass. Karena JR Pass dapat meng-cover kereta Shinkansen, dan pastinya lebih menguntungkan. Dengan mengeluarkan 29,650YEN kamu sudah bisa menikmati Shinkansen dengan unlimited rides! Tidak hanya itu, kereta dari Bandara ke pusat Kota, dan local train under JR Lines juga sudah tercover lho. Bayangkan jika kalian pulang pergi dari Tokyo namun ingin berwisata ke Osaka setidaknya kamu harus mengeluarkan sekitar 28,000YEN untuk pulang pergi, eitss itu hanya untuk kereta Shinkansen saja yah.

  1. Bawalah koper dengan ukuran tidak lebih dari 22”

Ketetntuan bagasi yang diboleh masuk kereta shinkansen (source: liburankejepang.com)

Per May 2020 perusahaan kereta cepat ini mengeluarkan peraturan baru untuk luggage allowance. JIka kamu membawa koper ukuran cabin size – 22” maka kamu tidak perlu untuk reservasi atau membayar alias free!. Namun jika kamu membawa koper ukuran 23” – 28” maka kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu atau jika tidak melakukan reservasi kamu harus membayar 1,000YEN/koper. Untuk reservasi nya kamu bisa melakukan secara online di official website JR Tokai (Tokaido lines), JR West (Sanyo lines), JR Kyushu (Kyushu lines), atau bisa juga di JR ticket offie (Madori no Madoguchi). Untuk ukuran koper lebih dari 29” kamu tidak diperbolehkan untuk membawa nya ke dalam kereta shinkansen, alternatif nya kamu bisa mengirim koper menggunakan jasa pengiriman.

  1. Agar lebih nyaman, reserved seat pada H-1

JIka kamu berpergian menggunakan kereta Shinkansen, ada baiknya sehari atau lebih sebelum perjalanan kamu melakukan reserved seat agar lebih nyaman. Reserved seat dapat dilakukan di JR ticket office di Stasiun yang melayani kereta Shinkansen. Umumnya setiap rangkaian Shinkansen memiliki 3 tipe gerbong, yaitu Ordinary Class (reserved & non-reserved), Green Class, dan Gran Class. Jika kamu menggunakan JR Pass kamu hanya tinggal menunujukan Pass tersebut ke petugas JR ticket office, lalu mention tujuan dan jam keberangkatan yang kamu mau. Setelah itu nanti kamu akan diberikan ticket shinkansen oleh petugasnya.

Ordinary class (source: wikipedia.org)

Green class (source: wikipedia.org)

Gran class (source: wikipedia.org)

  1. Gunakan hyperdia untuk mengecek jadwal keberangkatan

Kamu bisa mengecek jadwal keberangkatan kereta local atau kereta shinkansen di Hyperdia.com. Cara nya sangat gampang, hanya memasukan nama stasiun asal dan stasiun tujuan lalu sesuaikan tanggal dan jam keberangkatan yang kamu mau. Untuk jadwal kereta shinkansen setiap 30 menit sekali.

  1. Membawa makanan dari luar

Makanan di convenience strore (source: wikipedia.org)

Makan bento didalam Shinkansen (source: wikipedia.org)

Kamu bisa membeli makanan baik snack atau heavy meals di convenience store seperti Lawson, 7-Eleven, atau FamilyMart dan memakannya di dalam kereta shinkansen. Karena tidak terlalu banyak pilihan yang dijual dalam kereta shinkansen.

Nah itu tadi 5 tips yang dapat dirangkum untuk solo travellers. Selamat meng-explore kota-kota di Jepang ya! Semoga informasi ini dapat membantu teman-teman!

 

INFO PRODUK:

JR PASS ALL AREA button

Japan Rail Pass atau biasa disebut JR Pass adalah tiket terusan kereta yang dapat anda gunakan untuk Read more…

WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

 

JR Hokuriku Arch Pass button

Japan Hokuriku Arch Pass adalah tiket terusan kereta yang dapat anda gunakan untuk naik kereta Japan Railway Group di area Tokyo Read more…

WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

Related post

  1. Desa Bersejarah Di Hokaido Pada …
  2. (New Update) Kondisi Nemophila d…
  3. Promo: Berburu Tiket Pesawat Mur…
  4. Ke Jepang Mahal? Kata Siapa? Ada…
  5. SEGARNYA! YUK PETIK BUAH SEPUASN…
  6. Ingin Merasakan Makanan Rumahan …
  7. Kondisi Festival Fuji Shibazakur…
  8. Baru! Info Booking Posisi Kursi …

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP