Informasi

Bosan Dengan Museum Yang Itu-Itu Saja? Yuk Liburan ke Toyota Commemorative Museum!

Toyota Cover blog

Pasti Anda sudah tidak asing dengan merk terkenal asal negeri matahari terbit ‘Toyota’, bukan? Yupz, pabrikan mobil asal Jepang ini didirikan pada tahun 1937 oleh Kiichiro Toyoda. Pabrik ini adalah pecahan dari pabrik milik ayahnya, yakni Toyota Industries yang berdiri pada 1926 silam. Dulunya, pabrik ini berdiri sebagai perusahaan teksti loh! Oh ya, tahukah Anda, bahwa awalnya pabrik ini bernama Toyoda? Sesuai dengan sang pendiri yaitu Kiichiro Toyoda. Pada saat menggunakan nama Toyoda, penulisan nama tersebut sesuai huruf kanji Jepang ada 10 langkah. Dikaitkan dengan angka 10, bila ditulis dalam kanji Jepang akan membentuk tanda (+) yang berarti perempatan, eksistensi, dan kebimbangan. Nah, karena hal tersebut akhirnya Toyoda berubah menjadi Toyota dimana hanya membutuhkan 8 langkah dan dalam budaya Jepang, angka 8 memiliki makna keberuntungan.

toyota-auto123-4d279b44f6c3fe4a8e2973fa0d3be4d6

Asal mula nama Toyota

Setelah mengetahu sejarah pencetusan nama Toyota, sekarang kami akan mengulik tentang Toyota Commemorative Museum. Museum ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 1994 digedung bekas pabrik pertama Toyota. Kini museum ini menjadi salah satu magnet bagi wisatawan selama berkunjung ke Nagoya. Museum ini memperkenalkan sejarah Toyota dari awal sebagai produsen mesin tekstil, hingga dilengkapi pameran teknologi otomotif dan proses pembuatan mobil.

tiket toyota

Tiket masuknya sekitar 500 yen atau sekitar Rp 64.000 saja!

Kegiatan Seru di Toyota Commemorative Museum
1. Sudah Pernah Melihat Mesin Tekstil Pertama Jepang?
Diatas sudah dibahas kan, jika awalnya Toyota merupakan sebuah perusahaan tekstil untuk memproduksi kain dan serat kapas. Disini, Anda dapat menyaksikan mesin berukuran besar yang menggabungkan ribuan benang. Seiring berkembangnya teknologi, mesin-mesin manual ini digantikan oleh motor yang akan mempercepat proses produksi yang menghasilkan ratusan meter kain hanya dalam hitungan jam.

mesin tekstil

Awal mulanya, Toyota merupakan pabrik tekstil loh!

mesin tekstil2

Ini yang pakai mesin

2. Mengenal Proses Pembuatan Mobil
Kalau Anda berkunjung ke museum ini, Anda akan menyaksikan berbagai proses pembuatan mobil ini. Mulai dari proses desain komputer, hingga pembuatan komponen mesin, hingga body mobil. Ingin mengetahui bagaimana proses penambahan audio dan televisi? Bisa dilihat dimuseum ini loh! Awalnya, pembuatan mobil Toyota menggunakan tenaga manusia dan mesin yang ala kadarnya. Anda dapat menyaksikan mesin untuk memotong, membuat lubang, hingga pembengkokan besi. Oh ya selain membuat mobil, Toyota juga menciptakan robot loh!

proses pembuatan 1

Dulu, pembuatan mobil masih menggunakan tenaga manusia

Saat ini, proses pembuatan mobil sudah dilakukan oleh robot dengan tingkat akurasi yang nyaris 100%. Anda juga dapat menyaksikan berbagai mobil yang pernah diproduksi oleh Toyota, seperti mobil penumpang pertama Toyoda AA. Ada juga Toyota Crown, Toyota Corolla, dan masih banyak yang lain. Kebanyakan mobil disini adalah mobil antik, karena sudah tidak diproduksi lagi.

proses pembuatan 2

Perkembangan proses pembuatan mobil dengan mesin

toyota aa

Mobil penumpang pertama dari seri Toyota AA

mobil

Gimana, keren kan?

3. Ayo Belajar Teknologi Mesin di TeknoPark!
Jepang terkenal dengan orang-orangnya yang sangat kreatif untuk menggembangkan teknlogi. Tidak ada salahnya Anda berkunjung ke TeknoPark. Disini Anda akan belajar melalui permainan atau presentasi mengenai cara kerja pendingin ruangan, pompa jet, prinsip kerja rem tangan, dan masih banyak lagi. Sebenarnya area ini dikhususkan untuk anak-anak, namun orang dewasa tetap dapat mencobanya kok!

Akses Menuju Toyota Commemorative Museum
Museum ini berada di kawasan Nishi-ku, Nagoya, Museum buka setiap hari kecuali hari Senin dan hari libur bersama. Untuk biaya tiket masuknya, Dewasa dikenakan biaya 500 yen, sementara untuk anak-anak 200 yen. Untuk menuju museum ini, dari Stasiun Meitetsu Nagoya (di depan Stasiun Nagoya) dapat naik kereta Meitetsu Nagoya Line atau Meitetsu Inuyama Line sampai di Stasiun Sako. Perjalanan sekitar 3 menit dengan biaya 170 yen. Nah dari Stasiun Sako, Anda tinggal jalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai di museum ini.

toyotaa

Lucu banget kan robotnya?

Museum ini sangat dekat dengan Stasiun Nagoya. Jadi kami sangat merekomendasikan untuk berkunjung kesini jika  Anda berada di Nagoya. Oh ya, jangan khawatir atau kebingungan ya di museum ini, Karena akan ada pemandu yang selalu siap menjelaskan setiap detailnya kepada Anda. Sampai berjumpa di Toyota Commemorative Museum, travellers!

INFO PRODUK:

 Jr-pass-all-area-01 JR PASS ALL AREA button

Japan Rail Pass atau biasa disebut JR Pass adalah tiket terusan kereta yang dapat anda gunakan untuk naik kereta atau bus milik Japan Railway Group tanpa terbatas selama jangka waktu yang telah ditentukan di seluruh Jepang Read more…

WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20
 Shoryudo 3 days SHORYUDO HIGHWAY BUS TICKET button

Merupakan tiket terusan untuk naik bus sepuasnya yang menghubungkan area Shoryudo dan dapat mengunjungi berbagai obyek wisata terkenal di area tersebut. Seperti Nagoya, Shirakawago, Kanazawa, Takayama, Matsumoto dan lainnya Read more…

WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

Related post

  1. ANA AIRLINES Baru! Info Booking Posisi Kursi …
  2. I15018719683_eeedb02fd0_h Kegiatan apa yang kalian bisa di…
  3. hanabi 1 Liburan Ke Jepang : Saksikan Fes…
  4. IMG_7910 (1) PENTING! INFO TERBARU GALA YUZAW…
  5. e paspor Mau Bikin E-Paspor? Sekarang Sud…
  6. WEBSITE FORMAT Promo: Berburu Tiket Pesawat Mur…
  7. Asahiyama Zoo blog Uniknya Asahiyama Zoo, Wajib Mas…
  8. FUJI WEB “Momijigari” Waktu Y…

Promosi!

  1. WEBSITE FORMAT
  2. ANA
  3. mt fuji shizouka bloglkj

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP