Informasi

Jepang Segera Berlakukan Pajak Turis di Pulau Miyajima

Anda yang akan berkunjung ke Jepang, kini harus menyiapkan biaya pajak tak terduga. Pasalnya, setelah menerbitkan “pajak sayonara” dan memberlakukan “pajak penginapan” di Kyoto, kini mulai 2021 mendatang, Pulau Miyajima akan menerapkan pajak bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut. Pulau yang terletak di barat daya teluk Hiroshima ini memang menjadi salah satu destinasi favorit. Spot foto ikonik  gerbang “torii” orange dan Kuil Itsukushima ramai dikunjungi setiap tahunnya. Saking ramainya, pada 2018 silam, tercatat ada 4,31 juta turis berkunjung ke pulau ini.

kuil itsukushima

Kuil terapung di atas laut!

Mengetahui hal tersebut, pada tanggal 15 Desember kemarin, Walikota Hatsukaichi di Prefektur Hiroshima, Taro Matsumoto menerapkan kebijakan yang cukup adil bagi kota dan penduduk lokal yaitu adanya pajak masuk turis. Pajak ini sebesar 100 yen atau setara dengan Rp. 13.000 per orangnya. Nantinya, pemasukan ini akan digunakan untuk biaya kebersihan, peningkatan layanan feri, penempatan kabel listrik di bawah tanah, memperbaiki jalan raya, pelestarian lingkungan dan membuat tempat pembuangan limbah.

torii

Anda dapat mengunjungi Pulau ini dimusim apapun

Pulau Miyajima saat ini tengah memasuki era populasi yang menua. Hanya terdapat 1.674 penduduk yang tinggal di pulau itu, padahal wisatawan yang berkunjung sangat banyak. Untuk itu penting mencari sumber pendapatan baru demi mempertahankan pulau tersebut. Sebenarnya, penerapan pajak bukan suatu hal yang baru di Jepang. Pada awal Januari kemarin, Pemerintah Jepang juga sudah menerapkan Sayonara Tax bagi para wisatawan. Sayonara Tax merupakan pajak yang harus dibayar oleh wisatawan ketika akan meninggalkan Jepang sebesar 1000 yen atau sekitar Rp. 132.000. Selain Pulau Miyajima, Pemerintah Jepang sudah menerapkan pajak wisatawan di 4 pulau di Prefektur Okinawa. Pajak wisatawan tersebut diterapkan pada saat wisatawan melakukan pembelian tiket kapal Feri.

miyajima2

Banyak rusa berkeliaran di sini

Ada tiga metode untuk memungut pajak tersebut. Pertama, pajak diberlakukan untuk wisatawan yang bepergian ke pulau tersebut dengan naik feri. Kedua, membebankan pajak kepada operator penyedia feri. Dan ketiga, memungut pajak dari pengunjung yang menggunakan fasilitas yang ada di pulau tersebut.

miyajima3

Indah sekali ya

Nah, gak ada salahnya untuk membayar pajak ya. Demi kesejahteraan masyarakat lokal di Pulau Miyajima, Setidaknya dengan membayar pajak, kita juga turut berkontribusi untuk merawat pulau yang indah ini. Pengen liburan ke Pulau Miyajima? Yuk ikut paket tour dari kami!

INFO PRODUK:

 miyajima 1 DAY WORLD HERITAGE HIROSHIMA & MIYAJIMA TOUR button

Nikmati tur satu hari yang menyenangkan untuk mengelilingi situs warisan budaya dunia UNESCO di Hirohima. Anda akan mengunjungi Atomic bom dome dan Itsukushima Shrine Read more…

WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

Related post

  1. Info Terbaru 7th Mt. Fuji Intern…
  2. 10 Benda Penting Saat Berlibur M…
  3. Travel tips saat musim panas di …
  4. Dampak Virus Corona, Museum Ghib…
  5. Noto Peninsula: Where the Beauty…
  6. 7 WISATA EDUKASI DI JEPANG YANG …
  7. Berhati-hatilah Terhadap Badai S…
  8. Promo Wendy Tour Juni 2018

Promosi!

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP