Informasi

Catat, Tata Krama Ini Harus Kalian Patuhi Saat Berada di Jepang!

cover

Ada peribahasa yang mungkin sudah sangat tidak asing bagi Anda. Yup “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung!”. Dimanapun Anda berada, setiap negara pastinya punya kebiasaan yang berbeda dengan negara lainnya, khususnya dalam hal tata krama. Nah, Jepang sendiri merupakan salah satu negara yang sangat kental dengan tata kramanya loh. Untuk menghindari kesalahpahaman, Anda harus mengetahui tata krama di Jepang sebelum berkunjung ya. Dan pastikan Anda tidak melanggarnya, let’s your manners speak for you, guys!

1. Memberi dan Menerima Dengan Kedua Tangan

menerima

Pastikan menerima dengan kedua tangan ya!

Berbeda dengan di Indonesia, memberi atau menerima dengan tangan kanan saja tidak cukup. Cara menghargai sesuatu di Jepang adalah memberi dan menerima dengan tangan kanan dan kiri, bahkan untuk sesuatu yang kecil seperti kartu nama. Jika Anda menerapkan hal ini, orang Jepang akan menghargaimu kembali.

2. Tidak Makan dan Minum Sambil Berjalan

makan sambil jalan

Makan sambil jalan sangat tidak sopan bagi warga Jepang

Siapa yang suka makan dan minum sambil jalan? Anda bisa dianggap tidak sopan kalau melakukan hal ini di Jepang. Kebiasaan ini harus diminimalisir selama di Jepang ya. Sebagai solusinya, Anda bisa jajan lalu makan sambil berdiri atau dibungkus untuk dimakan di penginapan. Anda juga harus menghindari untuk makan atau minum didalam kendaraan umum seperti bus atau metro karena ini juga dianggap tidak sopan. Hmm, gimana? Jangan makan sambil jalan ya!

3. Jangan Meninggalkan Uang Tip

uang tip

Kalau di Indonesia, memberi tip merupakan hal yang biasa ya

Siapa yang tidak senang dengan uang tip? Semua pasti akan senang jika diberikan tip. Tapi jangan coba sesekali Anda meninggalkan tip untuk orang Jepang ya. Anda bisa dianggap menghina pekerjaan mereka. Iya menghina, jika Anda meninggalkan koin di meja restoran, Anda akan dikejar oleh pelayannya hanya untuk mengembalikan uangmu. Jadi mungkin hanya orang Jepang yang tidak senang dengan uang tip.

4. Aturan Melihat Pohon Sakura

sakura

Jangan merusak pohon Sakura ya!

Mungkin ini adalah hal yang sangat perlu Anda perhatikan selama di Jepang. Jangan pernah sesekali Anda menganggu pohon Sakura ya, bahkan jika Anda tidak sengaja menginjak/berdiri di atas akar pohon ini Anda bisa kena omel oleh orang Jepang. Bukan hanya itu, hal lain yang sangat dilarang adalah memetik, memegang kelopak bunga, dan menggoyangkan pohon karena pohon Sakura ini sudah dianggap sebagai simbol nasional Jepang.

5. Jangan Meletakkan Sumpit Secara Vertikal Dengan Mangkuk Saat Makan

sumpit

Harus latihan dulu nih, sebelum ke Jepang

Sama seperti negara Asia lainnya, orang Jepang juga terbiasa makan menggunakan sumpit. Bagi yang belum tahu, adat penggunaan sumpit di Jepang lebih rumit dari yang Anda bayangkan. Ada 3 hal yang harus diperhatikan yaitu, jangan menancapkan sumpit secara vertikal diatas makanan, jangan menaruh sumpit diatas mangkuk apabila sudah selesai makan, dan jangan membantu mengambilkan makanan menggunakan sumpit. Alasannya karena biasanya kegiatan tersebut hanya dilakukan pada saat prosesi pemakaman orang yang sudah meninggal. Selain itu, hindari pula menggosok-gosokkan sumpit tersebut secara bersamaan, karena kebiasaan tersebut dianggap sebagai hal yang tidak sopan di Jepang.

Nah, itu tadi tata krama yang harus Anda patuhi saat berkunjung ke Jepang. Anda tentu tidak ingin “dicap” tidak sopan bukan?
Jika ada ingin berlibur ke Jepang dalam waktu dekat, ada banyak promo tiket pesawat menarik untuk Anda loh! Yuk kepoin disini!

INFO PRODUK:

OMOTENASHI FARE JAPAN with JAPAN AIRLINES button

Hadir kembali penawaran promo terbaik dari Japan Airlines (JAL). NIkmati harga special penerbangan ke berbagai kota di Jepang, seperti Tokyo, Osaka, Nagoya dan Fukuoka. Jangan sampai terlewatkan! Read more…

WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20
JAPAN SPECIAL FARE with ANA button

Hadir kembali penawaran promo terbaik dari All Nippon Airways (ANA). NIkmati harga special penerbangan ke Jepang dari beberapa pilihan kota di Indonesia Read more…

WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

Related post

  1. liburankejepang-lb-01 Cek Dulu Sebelum Pergi! Daftar P…
  2. mother farm cover blog Mother Farm Chiba, Pilihan Yang …
  3. 9358_15011615590024651912 Prince Hotels & Resorts Gro…
  4. shiba-zakura-770x512 Kondisi Festival Fuji Shibazakur…
  5. suica new Temukan SUICA Card dan PASMO Pas…
  6. mt fuji shizouka bloglkj Mudahnya Jelajahi Area Shizuoka …
  7. JR Bus Kanto Kabar Gembira! Per 1 Juni 2018 B…
  8. bus Untung Dan Mudah! Beli Tiket Air…

Promosi!

  1. ANA
  2. mt fuji shizouka bloglkj
  3. mt-kurodake-ropeway

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP