Informasi

Jangan Sampai Menyesal, Hindari Liburan ke Jepang Saat Golden Week!

Updated 27 Januari 2020
Pernah dengar istilah periode Golden Week? Golden Week adalah beberapa hari libur nasional di Jepang yang kebetulan berurutan pada minggu terakhir bulan April hingga awal bulan Mei setiap tahunnya. Alasan dinamakan “golden” karena para pekerja Jepang mendapatkan liburan terlama dalam sepanjang tahun di periode ini.

Hari libur nasional yang masuk dalam golden week adalah 29 April (Hari Kelahiran Kaisar), 3 Mei (Hari Peringatan Konstitusi), 4 Mei (Hari Hijau/Lingkungan) dan 5 Mei (Hari Festival Anak). Selain itu, tanggal 1 Mei biasanya beberapa perusahaan dan industri juga diliburkan untuk memperingati Hari Buruh.

golden week 2020

source img: japan-guide.com

Kali ini pemerintah Jepang mengumumkan liburan Golden Week 2020 tahun ini total ada 8 hari. Dimulai dari tanggal 29 April yang jatuh pada hari Rabu sampai 6 Mei (hari Rabu). Wow, lama sekali ya.
Nah, liburan Golden Week di Jepang suasananya hampir mirip seperti liburan lebaran di Indonesia. Karena periode liburan yang cukup lama. Banyak sekali penduduk Jepang yang bepergian ke luar kota. Diperkirakan puncak Golden Week pada tanggal 2 Mei, dimana orang-orang akan meninggalkan Tokyo dan kembali pada tanggal 5 dan 6 Mei.
Jadi jangan heran misalnya hotel-hotel pada full booked, kepadatan transportasi dan dan tempat wisata jumlah pengunjung bakal naik drastis.

Apa saja yang perlu dipersiapkan saat liburan golden week?
1. Rencanakan jadwal perjalananmu dengan detail
Buat itinerary yang sesuai dengan keinginan kamu dan jangan lupa untuk membuat estimasi waktu perjalanan ya. Dari jadwal perjalanan tersebut bisa memudahkan kamu untuk melakukan reservasi tiket kereta seperti shinkansen jauh-jauh hari.

kota shioya

Bikin itinerary biar nggak kelabakan

2. Mencari penginapan dan tur jauh-jauh hari
Hotel di Jepang biasanya bakal full booked jadi bisa dialihkan mencari penginapan seperti guest house. Jika mengikuti land tour, pastikan tanggal dan segera reservasi. Karena banyak hotel yang sudah full atau memang tidak beroperasi saat golden week.

hotel

Daripada nggak kebagian hotel, mending pesan jauh-jauh hari

3. Hindari Spot Wisata Populer
Sebaiknya hindari berkunjung ke tempat wisata populer di Jepang seperti Tokyo Disneyland, Disneysea atau Universal Studio Japan. Coba geser tanggal kunjungan kamu ke tempat-tempat berikut sebelum atau sesudah Golden Week.

GW 2

Hindari tempat yang famous saat Golden Week ya!

4. Menikmati kota Tokyo
Biasanya, penduduk Tokyo berlibur ke luar kota atau mengunjungi kerabat di kampung halaman. Jadi, kepadatan di restoran, museum dan tempat belanja di Tokyo lumayan berkurang lho.

tokyo

Wah biasanya Tokyo selalu ramai loh

5. Reservasi Tiket Shinkansen jauh-jauh hari
Nah, untuk pengguna JR Pass. Usahakan sudah reservasi seat jauh-jauh hari ya. Karena shinkansen dari Tokyo ke Osaka, Kyoto ataupun sebaliknya bakal padat sekali lho. Sayang banget kan misal sudah beli tiket tapi tidak kebagian kursi.
Hindari naik shinkansen dari Tokyo ke dari tanggal 29 April (pagi) dan naik shinkansen ke Tokyo dari Osaka atau Kyoto pada tanggal 6 Mei.

shinkansen

Mending reservasi, biar dapat tempat duduk

Nah itu tadi yang mesti Anda perhatikan selama Golden Week. Yuk buruan booking JR Pass biar gak kehabisan.

INFO PRODUK:

 Jr-pass-all-area-01 JR PASS ALL AREA button

Japan Rail Pass atau biasa disebut JR Pass adalah tiket terusan kereta yang dapat anda gunakan untuk naik kereta atau bus milik Japan Railway Group tanpa terbatas selama jangka waktu yang telah ditentukan di seluruh Jepang Read more…

WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027 | JAKARTA : 021 294 268 20

Related post

  1. Rencana berlibur ke Jepang? Waji…
  2. Cara Menggunakan Suica Card
  3. 10 Benda Penting Saat Berlibur M…
  4. Kembali Ke Masa Tempo Dulu Dan M…
  5. (Update) 15 April 2019 Ini Tatey…
  6. Hadiri & Coba Langsung Kurs…
  7. 5 WAHANA MENARIK DI HANAYASHIKI,…
  8. Info! Kondisi Angin Taifun 10 Di…

Promosi!

Best Seller !

NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP