Tips ke jepang

Penting! Cara Memesan Shinkansen Tokyo-Osaka

photo0000-1881

Tokyo dan Osaka adalah dua kota yang wajib dikunjungi jika kamu baru pertama kali ke Jepang. Pesona Tokyo, si ibu kota dan Osaka kota besar di area Kansai ini adalah kota yang cocok untuk berwisata, shopping, wisata kuliner dan penuh dengan entertainment.

m_151213

Dari Tokyo menuju ke Osaka ataupun sebaliknya, ada beberapa alat transportasi yang dapat digunakan. Yang paling populer adalah dengan menggunakan Shinkansen. Apalagi buat mereka yang belum pernah merasakan kereta super cepat satu ini, pastinya menjadi salah satu alat transportasi pilihan wisatawan saat bepergian jauh di Jepang.

Jika selama di Jepang kamu memang bepergian menggunakan kereta, dan akan sering menggunakan shinkansen atau kereta limited express, akan jauh lebih mudah dan hemat jika kamu membeli Japan Rail Pass (Baca juga: Japan Rail Pass All Area). Tetapi, jika kamu hanya akan melakukan perjalanan satu kali saja dengan shinkansen antara Tokyo dan Osaka, maka kamu bisa membeli tiket shinkansen secara satuan. Nah, kira-kira gimana cara memesan tiket shinkansen di Jepang ya? Yuk, simak bahasannya berikut ini.

Apa Nama Jalur Shinkansen Antara Tokyo dan Osaka?

Perjalanan dari Tokyo ke Osaka berjarak sekitar 515km dan memerlukan waktu antara 2,5 jam – 3 jam tergantung kerta yang kita gunakan. Jalur shinkansen yang menghubungkan kota Tokyo dan Osaka adalah Tokaido shinkansen. Ada beberapa tipe shinkansen pada jalur ini, yaitu Hikari, Kodama dan Nozomi. Diantara ketiga shinkansen tersebut, yang memiliki kecepatan tertinggi adalah Nozomi dengan kecepatan 300km/jam. Stasiun shinkansen yang menghubungkan kedua kota ini adalah stasiun Tokyo di kota Tokyo sampai stasiun Shin-osaka di kota Osaka.

nozomi700

Nozomi N700

hikari 300

Hikari

Harga Tiket Shinkansen Tokyo-Osaka

Harga tiket shinkansen terdiri dari:
– basic fare
– limited express fee
– reserved seat fee (jika menggunakan reserved seat saja)

Jika menggunakan Nozomi, maka biaya yang di perlukan sebesar 13,620 yen tanpa reserved seat fee, dan 14.250 yen untuk reserved seat ordinary car.

Pembelian Tiket

Ada beberapa cara untuk membeli tiket shinkasen, yaitu dengan membeli langsung di stasiun atau dengan membeli online.

I. Pembelian Tiket di Stasiun.
Untuk membeli tiket shinkansen di stasiun ada dua cara yang dapat kita lakukan, yaitu dengan membeli di service centre Midori no Madoguchi. Cara membeli tiket di Midori no Madoguchi adalah sebagai berikut:

midorimado

Tanda Midori no Madoguchi

Untuk membeli tiket shinkansen di Midori no Madoguchi, cukup catat hal-hal berikut ini:
– Stasiun keberangkatan
– Stasiun tujuan
– Jenis kereta dan seat yang diinginkan (ordinary/green, reserved/non-reserved)
– Untuk reserved seat tentukan juga jam kereta yang diinginkan.

Jika sudah mencatat hal-hal diatas, kita cukup sampaikan ke petugas di Midori no Madoguchi dan kita akan mendapatkan tiket kita. Apa sih perbedaan gerbong ordinary dan green? Ordinary car adalah gerbong biasa atau bisa dikatakan kelas ekonomi. Sementara itu, Green car adalah gerbong kelas bisnis dengan seat lebih luas dibandingkan dengan seat pada gerbong ordinary.

OR7D__34667.1432066493.600.400

Ordinary car

green odekakenet

Green Car

Lalu, apa perbedaan reserved dan non-reserved seat? Jika memilih non-reserved seat, kita bisa naik shinkansen kapan pun, tidak perlu jadwal khusus, tetapi, kita harus antri untuk masuk ke dalam kereta jika tidak, kita bisa-bisa tidak mendapat kursi yang kita inginkan sementara itu, jika memilih reserved seat, maka:
– kita harus membayar biaya reserved seat dengan harga tergantung jarak yang ditempuh.
– Tidak perlu antri lagi karena tempat duduk kita sudah pasti.
– Ada jadwal yang talah ditentukan jika memesan reserved seat dan kita harus sesuai dengan jadwal tersebut.

Jika menggunakan shinkansen saat high season, disarankan untuk menggunakan reserved seat (selengkapnya mengenai cara reservasi shinkansen dapat dibaca di sini).

II. Pembelian Tiket Secara Online

Untuk membeli tiket shinkansen dari Tokyo ke Osaka, kita bisa menggunakan agen-agen yang menawarkan jasa pembelian tiket shinkansen, atau dengan memmesannya melalui website JR Central. Urutan prosedurnya adalah memilih kereta shinkansen, memilih jenis tempat duduk, memilih posisi tempat duduk (bagi yang mereservasi tempat duduk), dan jumlah penumpang. Setelah memesan online, proses masih belum selesai. Kita harus mengambil tiket yang telah kita pesan secara online sebelumnya di Midori no Madoguchi. Jangan lupa untuk mengambil tiket sebelum jadwal keberangkatan, ya.

Untuk penggunaan tiket, cukup masukkan tiket ke gerbang saat kamu akan masuk ke dalam peron seperti saat menggunakan tiket kereta biasa.

shinkansen

Sekarang, tidak bingung lagi kan jika akan naik shinkansen antara Tokyo dan Osaka. Selamat menikmati perjalanan di Jepang.

 

Related post

  1. suica Cara Menggunakan Suica Card
  2. halal Halal Food di Jepang
  3. thumb_img_1614_1024 Japan Rail Pass All Area
  4. llouz1gxdzwkiss9xump Pembuatan Visa ke Jepang
  5. airlimo Lebih Nyaman dan Praktis dari da…
  6. shinsekai Tips sebelum ke Jepang
  7. 31448189256_e32af460c2_k Berhati-hatilah untuk Reserving …
  8. wifi Wifi Router

Promosi!

  1. JAL_key
  2. world travel expo
  3. ana

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP