Tips ke jepang

Japan Rail Pass All Area

thumb_img_1614_1024

Di Jepang, kereta adalah alat transportasi utama. Sehingga mungkin bagi kita yang pertama kali datang ke sana akan sedikit kebingungan untuk membeli tiket kereta dan sejenisnya. Apalagi harus membeli tiket setiap saat akan naik kereta dan saat akan naik shinkansen. Hmm, kalau dipikir-pikir mungkin agak ribet ya, apalagi jika kita tidak bisa bahasa Jepang. Nah, solusinya adalah dengan menggunakan JR Pass.

Apa sih JR Pass itu?
Japan Rail Pass atau biasa disebut JR Pass adalah tiket terusan kereta yang dapat anda gunakan untuk naik kereta atau bus milik Japan Railway Group tanpa terbatas selama jangka waktu yang telah ditentukan di seluruh Jepang. Ini merupakan tiket gabungan antara enam Railway Company Jepang yaitu JR East, JR West, JR Central Japan, JR Shikoku, JR Kyushu, dan JR Hokkaido. JR Pass ini hanya berlaku bagi orang dengan kewarganegaraan selain Jepang dan memiliki visa “Temporari Visitor” yaitu visa untuk tinggal di Jepang dalam jangka waktu 15 hari atau 90 hari. JR Pass bisa dibeli di agen di seluruh dunia, selain di Jepang.

temporary-visitor-stamp

contoh stamp temporary visit

Tipe JR Pass
Ada dua tipe JR pass yaitu Ordinary dan Green. Ordinary adalah kereta shinkansen biasa. Sementara Green car adalah kereta kelas bisnis dengan luas kursi dan ruang kaki yang lebih luas. Kedua tipe ini tersedia dalam tiga pilihan jenjang waktu, yaitu 7 hari, 14 hari dan 21 hari setelah tiket di-issued. Sementara Exchange order untuk tiket ini berlaku 3 bulan setelah exchange order di-issued.
jrpass

JR Pass bisa dipakai di:

  1. Seluruh kereta milik Japan Railway Company di seluruh Jepang. Termasuk kereta local, rapid service, special rapid service, express, limited express juga termasuk Shinkansen (kecuali Nozomi dan Mizuho ).
  2. Tokyo Monorail
  3. Beberapa kereta lokal non JR yang menuju ke jalur JR (biasanya di pedesaan)
  4. Semua local bus milik JR (JR Bus : JR Hokkaido Bus, JR Bus Tohoku, JR Bus Kanto, JR Tokai Bus, West Japan JR Bus, Chugoku JR Bus, JR Shikoku Bus, JR Kyushu Bus) *tiket tidak berlaku bagi express bus dan highway bus
  5. JR-WEST Miyajima ferry

Exchange order JR Pass bisa ditukarkan di Travel Service Center di Airport atau di seluruh stasiun besar di Jepang. Untuk daftar kantor penukaran bisa dilihat di japanrailpass.net

reserves-seat-tiket

Untuk melakukan reservasi pada kereta Limited Express dan Shinkansen, setelah menukarkan Exchange order ke JR Pass, datanglah ke “Midori no Madoguchi” di stasiun. Cukup tunjukkan JR pass kamu dan informasikan detail tujuan, jam dan jenis tempat duduk yang kamu inginkan pada petugas.

(Baca juga: Berhati-hatilah untuk Reserving Seat Shinkansen Saat High Season)

midorimado

Tanda Midori no Madoguchi

Dengan JR Pass, travelling di Jepang menggunakan kereta bisa jadi lebih simple, dan mudah.
MAU BOOKING ? SILAHKAN CEK DI BAWAH INI…

31448189256_e32af460c2_k JAPAN RAIL PASS button
Japan Rail Pass atau biasa disebut JR Pass adalah tiket terusan kereta yang dapat digunakan untuk naik kereta atau bus milik Japan Railway Groupo Read more…
WENDY TOUR    BALI : 0361 758 027JAKARTA : 021 294 268 20

 

Related post

  1. halal Halal Food di Jepang
  2. llouz1gxdzwkiss9xump Pembuatan Visa ke Jepang
  3. 31448189256_e32af460c2_k Berhati-hatilah untuk Reserving …
  4. suica Cara Menggunakan Suica Card
  5. 8884ed6c253b04b2d44d27fd0071293a_s Yuk Cek Hal-hal yang Perlu Disia…
  6. photo0000-1881 Penting! Cara Memesan Shinkansen…
  7. wifi Wifi Router
  8. airlimo Lebih Nyaman dan Praktis dari da…

Promosi!

  1. JAL_key
  2. world travel expo
  3. ana

Best Seller !

Tokyo Disney Resort NIVERSAL STUDIO JAPAN JAPAN RAIL PASS Paket Tur Kanto Buffet wifi router rental suica card
PAGE TOP